Kota Madiun

Minggu, September 20, 2009

mengucapkan :
SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITRI 1430 H


Mohon maaf lahir dan batin

Baca Selengkapnya..

Jumat, September 11, 2009

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA ROMADHON 1430 H Baca Selengkapnya..

Jumat, Juli 17, 2009

Kenapa BOM lagi??

membaca ini

Nggak tahu mesti ngapain? cuma bisa turut berduka cita atas meninggalnya orang2 tidak bersalah karena perbuatan orang2 tidak bertanggung jawab.
Semoga tidak ada lagi orang yang melakukan pengeboman di tempat umum.
Mari tingkatkan kewaspadaan semoga hal seperti ini tidak terulang lagi. Baca Selengkapnya..

Minggu, Juni 14, 2009

HARI JADI KOTA MADIUN KE-91

seminggu lagi merupakan hari yang bersejarah bagi Kota Madiun. Yup, tepat pada tanggal 20 Juni nanti Kota Madiun genap berusia 91 tahun. meski jika dibandingkan dengan "tetangga" sekitar merupakan usia yg masih belia. Namun juga merupakan usia yg matang untuk memberikan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat Kota Madiun khususnya.
nah dalam rangka memperingati dan merayakan Hari Jadinya, Kota Madiun pun juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus dengan harapan agar dapat meningkatkan gerak roda ekonomi di Kota Madiun.
Kendati kegiatan Hari Jadi Kota Madiun kali ini diinginkan lebih meriah dan lebih "merakyat", namun kendala tetap ada, utamanya karena bersamaan dengan agenda nasional Pemilu Presiden pada tanggal 8 Juli 2009, sehingga kegiatan Hari Jadi Kota Madiun kali ini "terpaksa" disederhanakan.
Apapun semoga penyelenggaraan rangkaian acara Hari Jadi Kota Madiun ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Madiun pada khususnya.
Berikut Jadwal Kegiatan Hari Jadi Kota Madiun ke-91 tahun 2009

  1. Pameran Buku & Arsip Photo - 6 s/d 14 Juni 2009 jam 09.00-20.00 - Hall Stadion Wilis
  2. Uji Emisi Kendaraan Bermotor - 16 juni 2009 jam 08.00-selesai - Taman Bantaran Kali Madiun
  3. Semaan Al Qur'an dan Dzikrul Ghofilin - 17 Juni 2009 jam 04.00-21.00 - Rumdin Walikota Madiun
  4. Jalan Santai & Gebyar Nasi Pecel - 19 Juni 2009 jam 06.00-selesai - start/finish di depan Balaikota Madiun
  5. Selamatan & Doa Bersama - 19 Juni 2009 jam 18.00-selesai - Jl Pahlawan depan Balaikota
  6. Upacara Hari Jadi Kota Madiun & Parade Drum Band - 20 Juni 2009 jam 07.00-selesai - start/finish depan Balaikota
  7. Hari Anak Nasional & Pameran Pendidikan - 22 s/d 24 Juni 2009 jam 07.00-21.00 - Aloon-Aloon Kota Madiun
  8. Pengajian Akbar Ust. Jefry Al Buchory - 22 Juni 2009 jam 19.00-selesai - Masjid Agung Baitul Hakim
  9. Kirab piala Adipura I - 23 Juni 2009 jam 14.00-selesai - Kec. Manguharjo
  10. Pagelaran Ketoprak - 23 Juni 2009 jam 19.00-selesai - Kec. Manguharjo
  11. Kirab piala Adipura II - 24 Juni 2009 jam 14.00-selesai - Kec. Kartoharjo
  12. Pagelaran Wayang Kulit 7 dalang lokal - 24 Juni 2009 jam 19.00-selesai - Kec. Kartoharjo
  13. Nikah Masal - 25 Juni 2009 jam 08.00-selesai - Wisma Haji Kota Madiun
  14. Kirab piala Adipura III - 25 Juni 2009 jam 14.00-selesai - Kec. Taman
  15. Pagelaran Ludruk - 25 Juni 2009 jam 19.00-selesai - Kec. Taman
  16. Upacara Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional - 26 Juni 2009 jam 07.30-selesai - Hal Depan Pemkot dan Lap. Parkir Sumber Umis
  17. Pagelaran Wayang Kulit Ki Manteb Sudarsono - 26 Juni 2009 jam 19.30-selesai - Jl Pahlawan depan Balaikota
  18. Khitanan Massal - 29 Juni 2009 jam 08.00-selesai - RSUD Kota Madiun
  19. Grand Final Kakang Mbakyu Kota madiun 2009 - 17 Juli 2009 jam19.00-selesai - Grha Bhakti Praja
  20. Tennis Lapangan - 24 s/d 26 Juli 2009 jam 07.00-selesai - Lap Pelti Kota Madiun
  21. Lomba Senam - 26 Juli 2009 jam 08.00-selesai - Grha Bhakti Praja
  22. Rehab rumah tidak layak huni - juli 2009 - di wilayah Kota Madiun
Info lebih lanjut bisa menghubungi Panitia di Bagian Umum Pemerintah Kota Madiun, Jl. Pahlawan 37 Madiun tlp. 462756.
Kritik dan saran membangun sangat diharapkan....
Selamat berulang tahun Kota Madiun tercinta...............
semoga sukses mewujudkan visi dan misi sebagai Kota Gadis
Baca Selengkapnya..

Rabu, Juni 10, 2009

PERSIPURA (pantas) JUARA !



Persipura Jayapura berhasil menutup gelaran Liga Super Indonesia musim ini dengan sempurna. Setelah memantapkan diri menjadi Juara ISL 2009, dengan mengandaskan Persija dengan skor 3-1 pada pertandingan yg digelar di stadion Bumi Kartini-Jepara pada 18 Mei 2009, Persipura
menyempurnakan predikat juara sekaligus menghibur ribuan pendukungnya yg memadati stadion Mandala Jayapura pada pertandingan terakhir Liga Super Indonesia 2009, setelah mengandaskan Sriwijaya FC, yg merupakan juara bertahan Liga Indonesia, dengan skor telak 4-1. Kegembiraan Persipura akan makin berlipat, jika el Loco Gonzales gagal mencetak gol pada pertandingan Persib vs Persija, karena hal ini akan menjadikan striker andalan mereka, Boaz Solossa menjadi top skor ISL 2008-09.
Apapun, gelar juara Liga Super Indonesia sangat pantas diraih oleh Persipura, dengan bermodalkan bakat alam pemainnya yang melimpah, suasana tim yang kondusif dan dana yang tercukupi, Persipura merupakan salah satu tim yang tidak terguncang oleh jadwal kompetisi yg tidak menentu.
Di saat tim-tim lain menghadapi kesulitan baik masalah dana, ijin menggelar pertandingan hingga harus mengungsi ke daerah lain, bahkan intrik antar pengurus, Persipura justru menunjukkan konsistensi mereka.
So.... PERSIPURA memang pantas juara, dengan modal yang mereka miliki


Baca Selengkapnya..

Rabu, Juni 03, 2009

Ayo ! Dukung Prita Mulyasari

AYO ! dukung Prita Mulyasari, demi kemanusiaan!



William Shakespeare pernah mengungkapkan "apalah arti sebuah nama?"
sekilas ungkapan itu seolah tiada bermakna, bahkan mungkin ada diantara kita yang mencibirnya, karena nama memang jadi hal yang penting dalam kehidupan kita. Bayangkan jika si Jono, Paijo bahkan Tukiyem tidak bernama. Bagaimana kita memanggil mereka? Terus jika tanpa nama kita tak akan bisa menghampiri blognya si mbahmul , atau membaca cerpennya coretan Ge kan aneh, kalau dunia ini tanpa nama?

Tetapi tentu saja Shakespeare tidak akan mengeluarkan ungkapan tersebut tanpa melalui pertimbangan yang matang dan seksama.
Apalah arti sebuah nama, jika hanya karena satu nama menyebabkan orang lain sengsara?
Seperti kasus yang menimpa ibu Prita Mulyasari, yang karena menulis uneg-uneg di internet tentang keluhan terhadap salah satu instansi membuat dirinya dipenjara.
"instansi" tersebut karena merasa nama baiknya dicemarkan menuntut ibu Prita Mulyasari sehingga si ibu ini harus mendekam di penjara meninggalkan dua buah hatinya yang masih balita. Sungguh! dalam hal ini saya sangat setuju dengan William Shakespeare.
"APALAH ARTI SEBUAH NAMA", jika nama tersebut menyebabkan kesengsaraan.

Baca Selengkapnya..

Minggu, Mei 24, 2009

facebook emang asyik, kenapa diharamkan?


sejak tahu bahwa teman2 di kantor banyak yg facebook mania di tambah lagi adanya fatwa haram ber-facebook ria- dari ulama se jawa bali. Sayapun penasaran juga ingin tahu, apa sih sebenarnya dan lebih tahu tentang facebook.
Ternyata.... eng ing eng
ber-facebook itu bagi saya cukup mengasyikkan, selain bisa berinteraksi dengan rekan2 kerja, facebook pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana interaksi dengan sahabat lama, bahkan sayapun bisa berinteraksi kembali dengan teman2 sekolah dulu yg sudah tidak pernah bertemu selama hampir 13 tahun. Asyik kan? kita bisa tahu keadaan teman2 kita yg dulu masih "culun" sekarang sudah pada menggendong anak..ha...ha..
terus dan selalu ada pro kontra saat ada hal2 yg menyangkut kepentingan orang banyak.
Terbaru adalah : ulama se Jawa Bali mengeluarkan fatwa haram bagi facebook....(gile! menurut saya kurang kerjaan). Kalau alasannya facebook bisa digunakan untuk selingkuh, terus nanti semua aktivitas bisa diharamkan dung.
Mobil, motor, bahkan sepeda yg dipake "oknum rakyat" untuk melakukan hal2 maksiat apakah juga akan diharamkan? terus gimana dengan Hp, uang, kantor, pasar...dll
walah2 bisa-bisa semua haram dong...
kalau saya sih tergantung kita nya dalam memanfaatkan sarana yg ada aja, jadi yg diharamkan adalah perbuatannya bukan sarana. gitu aj. (TITIK)

Baca Selengkapnya..

Sabtu, Mei 02, 2009

Balada Rani Juliani...

Awalnya saya ingin memposting mengenai GEA dan ARINA yang diramalkan bakal menjadi idola baru di Indonesia, namun tak disangka-sangka sesosok perempuan yang katanya manis berusia 22 tahun bernama Rani Juliani secara tiba-tiba melesatkan namanya melampaui dua nama tersebut.
yah...apa mau dikata memang suratan takdir mengharuskan itulah yang terjadi. walau tidak ada yang menginginkan, nama Rani Juliani, tiba2 terdongkrak menjadi terkenal di Indonesia.
Seiring dengan terungkapnya kasus penembakan terhadap direktur PT. PRB, Nasrudin Zulkarnaen yang diduga dilakukan oleh Ketua KPK, Antasari Azhar. Nah dugaan sementara motif penembakan dikarenakan rebutan cinta dari seorang Rani Juliani yang terjadi diantara dua pejabat papan atas tersebut. Walaupun kebenarannya masih perlu di buktikan, karena baik dari pihak korban maupun tersangka sama2 tidak mengakui hal tersebut. Kasusnya semakin rumit setelah pemberitaan kasus tersebut, Rani dan keluarganya bak hilang ditelan bumi.
Harapan nya sih, semoga kasusnya segera kelar dan kebenaran dapat terungkap dengan sebenar-benarnya tanpa ada tendensi apapun dan Rani beserta keluarganya dapat menunjukkan kembali keberadaannya dan melanjutkan kembali hidupnya sesuai keinginannya.
Mengenai GEA dan ARINA akan saya posting kemudian ya...setelah kesibukan kerja agak longgar..
Baca Selengkapnya..

Kamis, April 09, 2009

Mencontreng

Awalnya hatiku sempat miris sewaktu membaca, mendengar dan menyaksikan berita di koran, radio, dan Tv, bagaimana tidak miris : tanggal 9 April 2009 yang oleh Presiden RI ditetapkan sebagai hari yang diliburkan secara nasional, dengan tujuan agar masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya, justru oleh sebagian warga yang berduit digunakan sebagai waktu pelesir, terlihat dari jadwal transportasi baik darat, laut dan udara maupun berbagai hotel ditempat wisata pada hari ini sudah full booked sejak jauh2 hari.
Hal ini bisa dilihat sebagai pertanda, bahwa masih banyak orang-2 yang penat oleh kesibukannya dan butuh untuk relaksasi, namun bisa juga disimpulkan bahwa banyak masyarakat yang sudah apatis terhadap pemilu itu sendiri. Mungkin mereka
sudah jenuh dengan berbagai kampanye politik yang muluk-muluk, namun kemudian ya tetap begini saja alias hasil pemilu tidak terlalu berpengaruh pada kehidupannya. terlebih jauh-jauh hari sudah terdengar nada tidak merdu, bahwa Pemilu kali ini akan kacau balau, diindikasikan mulai dari kertas suara yang banyak rusak, DPT yang bermasalah, maupun sistem mencontreng yang masih dianggap asing.
Namun, ternyata di tempat saya mencontreng, tidak ditemui kendala yang berarti seperti yang dikhawatirkan banyak pihak. Mencontreng, yang katanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit /orang ternyata tidak terjadi. Dengan 4 bilik suara disediakan, saya yang mendapat antrian no 19 ternyata cuma menunggu sekitar 15 menit untuk menyalurkan pilihan saya. Alias setiap orang "cuma" membutuhkan waktu rata-rata 4 menit untuk mencontreng. hal yang membanggakan bahwa didaerah saya sosialisasi pemilu berjalan dengan baik. Oh ya, saya memang sengaja datang ke TPS lebih awal, dikarenakan siang ini mau ke Jakarta, dalam rangka ketemuan sama istri dan anak tercinta...he...he... kangen kan sebulan tidak ketemu dengan orang-orang yang kita sayangi.
Akhirnya namun bukan yang terakhir, saya, dan mungkin seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungannya, mengharapkan agar caleg-caleg yang nantinya terpilih untuk benar-benar berjuang menyampaikan aspirasi rakyat, sesuai dengan janji-janji sewaktu kampanye. jangan sampai menyakiti hati rakyat, dengan menghamburkan uang rakyat untuk pelesir dengan alasan studi banding, kunjungan kerja ataupun tetek bengek lainnya. Kalau mau melihat kondisi di daerah lain lewat internet pun mudah dan murah dan hasilnya bisa lebih oke. Dan pastinya rakyat akan bangga karena wakil-wakil mereka benar-benar orang yang punya empati dan melek teknologi.

ya wis, berhubung hari sudah siang, saya harus buruan ke stasiun biar nggak kehabisan tiket naik kereta api ... tut...tut........tut.

Baca Selengkapnya..

Minggu, April 05, 2009

akhirnya.............!

setelah hampir 3 minggu tidak menulis posting, sehingga bikin uneg-uneg menumpuk di otak, membuat saya tidak bisa tidur.
Lega, perasaan saya saat ini setelah jaringan speedy terpasang di rumah, menggantikan modem hp smart yang lagi trouble hingga membuat tidak bisa online.
namun apa mau ditulis? saat koneksi internet "super" cepat, justru otak saya yang tidak mau "bekerja". Uaduuhh kok gini tho mbahmul..? piye ki?

yach, akhirnya untuk mengobati kekecewaan saya dan agar otak bisa diajak kerja kembali,setelah 3 malam menderita insomnia, saya mau tidur dulu aja. met malam semuanya

Baca Selengkapnya..

Rabu, Maret 18, 2009

Kontradiksi Sriwijaya FC dan PSMS Medan

Dua hasil berbeda didapatkan dua klub peserta Liga Indonesia di kompetisi sepakbola level Asia, yang dihelat kemarin. Hasil memalukan didapat oleh Sriwijaya FC, yang berlaga di Liga Champion Asia, juara LDI dan Copa Dji Sam Soe tahun 2008 ini "dibantai" oleh tuan rumah Shandong Luneng dengan 5 gol tanpa balas. Sedangkan PSMS Medan berhasil menebus kekalahan di laga pertama Piala AFC dengan mengalahkan Johor FC dengan skor 3-1.
Kekalahan Sriwijaya terasa lebih menyesakkan karena tim unggulan LDI 2009 ini gagal menunjukkan diri sebagai tim tangguh LDI. Dalam pertandingan tersebut pemain-pemain SFC sering gagal mengirim umpan, bahkan sering terjadi kesalahan passing yang menyebabkan SFC kehilangan bola. Hal ini dipengaruhi juga oleh absennya beberapa pilar SFC, seperti sektor penjaga gawang yang biasanya dikawal Ferry Rotinsulu kemarin gagal dilapis oleh Dede Sulaiman. Kiper kedua SFC tersebut terlihat belum siap mental mengawal gawang SFC di level Asia, bahkan tendangannya ada yang langsung keluar lapangan. Hal ini menyebabkan pemain Shandong Luneng leluasa mengembangkan permainan bahkan dengan mencetak 5 gol melalui Li Jinyu (menit 15 dan 25), Han Peng menit ke 19 dan Miljan Mrdakovic menit ke 79 dan 83. Meski SFC sendiri juga mempunyai peluang, namun selalu gagal jadi gol karena buruknya finishing pemain SFC maupun tangguhnya kiper Shandong Luneng. Tetrcatat dua kali Keith Kayamba menguji kiper lawan yaitu menit 30 dan 74, namun selalu gagal berbuah gol.

Sementara di piala AFC, PSMS Medan yang bermain di stadion Jakabaring Palembang, berhasil mengalahkan tamunya Johor FC dengan skor 3-1, kemenangan ini lebih spesial karena didapatkan setelah PSMS tertinggal lebih dulu melalui gol pemain Johor FC, M. Azuwad menit ke 21, yang bertahan hingga turun minum. Namun kondisi ini malah meningkatkan semangat anak-anak Medan di babak kedua dengan membombardir gawang Johor FC yang hasilnya PSMS membukukan 3 gol melalui Ellie Aiboy menit 53 dan 65 dan Leonardo Martins Zada menit 55. Hasil ini sekaligus sebagai pengobat luka PSMS setelah dilaga pertama di tekuk South China dengan skor 3-0.

Baca Selengkapnya..

Jumat, Februari 27, 2009

Award pertama reifka

tak kusangka tak kuduga...... pagi-pagi buka blog, dah dapat hadiah dari bro che_3z
seperti ini nih :

seneng banget rasanya menerima award pertama, namun kenapa ya, kok harus ada syaratnya ? kok tidak dikasih cuma2 saja biar langsung bisa dimasukin dompet. setelah di klik syaratnya saya harus ngerjain PR yang begini




ya udah kalau memang harus begitu, langsung saja saya kerjakan

eng...ing....eng

asli gak di edit dan photo terbaru pas tanggal 25 peb 2009, HUT jagoan saya, liat aj sampe belum ganti seragam kerja.
thanks ya bro che_3z, keep on sharing.... cheers

Baca Selengkapnya..

Kamis, Februari 26, 2009

Harus Bagaimana, ya ?


Numpang curhat nih, friend ! Agar hati jadi lega dan pikiran jadi jernih sekaligus berbagi agar pengalaman ini tidak terjadi kepada rekan-rekan blogger.
Begini ...
Kemarin hari Rabu tanggal 25 - 02 - 2008, seharusnya menjadi hari yang menyenangkan bagi saya dan istri. pasalnya sang buah hati alias jagoan kami, Azzuri Athar W, tepat berumur 2 tahun. Namun seketika keadaan berubah, ketika kami menerima paket dari orangtua kami di Bandar Lampung. Paket berisi makanan yang seharusnya kami terima pada hari selasa karena dikirim pada hari Senin melalui Rosalia Express, namun kami baru ditelpon untuk mengambil paket di kantor Rosalia jl. AR. Saleh Madiun pada hari rabu pagi.
Rabu, siang sekitar pukul 10.00 setelah ijin ke atasan, saya ke kantor Rosalia untuk mengambil paket tersebut. Paket tersebut saya terima dalam kondisi baik, dan saya juga tidak curiga karena saya sudah lama memakai jasa Rosalia Indah.
Nah, petaka datang ketika istri saya membuka paket di rumah dan menelpon orangtua di bandar lampung, ternyata ?
Kondisi paket yg kami terima tidak sama alias berbeda dengan pada saat pengiriman, yaitu orangtua kami melalui telpon mengatakan bahwa paket untuk kami dimasukkan kardus dengan lakban warna coklat dibungkus dengan karung dan dijahit benang hijau dan di staples, namun yg kami terima keadaannya pada kardus di lakban bening dan ada bekas pernah dibuka, sedangkan jahitan pada karung sudah tidak ada dan hanya dilakban bening. yang saya sesalkan dari pihak Rosalia tidak memberitahukan bahwa paket kami telah dibuka.
dan yg lebih mengecewakan bagi kami ternyata surat yg juga disertakan di dalam paket = HILANG !
padahal isi surat tersebut sangat penting buat kami yang tinggal jauh dari orangtua.

langsung saja sore hari setelah pulang kerja, dengan sepeda motor dan menembus hujan deras kami menuju ke kantor rosalia indah-madiun, namun sesampainya disana Kantornya sudah tutup dan kami hanya bisa menemui penjaga restauran Surya Mas yg satu lokasi dengan kantor Rosalia Indah.
Yang bikin hati ini miris, adalah bahwa dari penjaga tersebut kami mengetahui bahwa sudah sering terjadi penerima paket yg marah2 karena ada barangnya yg hilang. Dan biasanya pada paket yg berisi makanan sering dibuka oleh "oknum" petugas Rosalia Indah, kalau ada barang lain selain makanan yg disebutkan di faktur, maka bisa dipastikan barang tersebut = "hilang" alias tidak sampai kepada yg berhak.
Yang pasti pagi ini kami akan ke kantor Rosalia lagi untuk menanyakan tentang paket kami yang sudah dibuka tanpa pemberitahuan.

demikian saja, semoga kami bisa mendapatkan masukan dari rekan-rekan blogger dan syukur kalau ada dari pihak manajemen Rosalia Indah yang membaca postingan saya dan memberikan tanggapan.
salam sukses buat semua.... dan jangan berbuat yang merugikan orang lain, terutama orang yang sudah memberikan kepercayaan pada kita.
Cheers
Baca Selengkapnya..

Sabtu, Februari 21, 2009

Printer Juga Berbahaya


Komputer dan printer saat ini merupakan sahabat dekat kita saat bekerja di kantor dikarenakan pasangan serasi tersebut sangat membantu urusan pekerjaan kita utamanya urusan membuat file dan mencetak dokumen, namun dibalik sifat mulianya, ternyata printer pun juga dapat membahayakan jantung orang yang sering berada di dekatnya. Mengapa ?

Printer laser dengan daya cetaknya yang cepat memang menjadi primadona di setiap kantor. Printer model tersebut dapat membuat waktu kerja menjadi semakin efisien.

Namun menurut ahli kesehatan Lidia Morawska dari Universitas di Queensland, Australia printer laser dapat membahayakan jantung. Dikutip dari News, Rabu (18/2/2009), setiap bekerja, printer laser mengeluarkan partikel-partikel yang berbahaya.

Partikel itu keluar saat tinta mulai tercetak di kertas. Partikel berbahaya itu menurut penelitian yang dilakukan Lidia hanya sebesar asap rokok serta asap yang keluar dari kendaraan bermotor.

Bahaya yang ditimbulkan pun hampir sama dengan asap tersebut. Partikel-partikel itu dapat masuk lewat saluran pernafasan dan kemudian menimbulkan iritasi. Iritasi itu akan memicu peredaran darah di jantung, dan mengakibatkan gangguan pada jantung.

Lidia kemudian memberi saran kepada para pengelola perkantoran untuk tidak menaruh printer di meja pekerjanya. Ada baiknya printer tersebut ditaruh jauh dari tempat pekerja duduk sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Ada baiknya juga kita mengikuti sarannya mbak Lidia ya?

sumber : detikhot atau klik disini
Baca Selengkapnya..

Hanya Gambar saja




Memenuhi permintaan rekan Bel, tentang gambar gunung krakatau yg meletus. maaf kalau pict nya tidak bisa banyak. Karena data-data di komputer saya, porak poranda setelah dihajar oleh virus yang tidak bertanggung jawab. hal ini pula yang membuat saya, harus offline sementara dari dunia blogger yang menyenangkan.
Untunglah sekarang sudah mulai bisa kembali online, walaupun masih terbatuk-batuk karena komputernya jadi "slow". Semoga bisa cepat normal kembali, dan bisa segera menyapa rekan-rekan sesama blogger .
cheers Baca Selengkapnya..

Minggu, Februari 15, 2009

KRAKATAU


Krakatau / Krakatoa (bahasa Inggris)

Tinggi : 813 m (2,667 kaki)
Letak : Selat Sunda, Indonesia
Koordinat : 6°6′27″LS,105°25′3″BT
Jenis : Kaldera vulkanik
Letusan terakhir : 2005

Krakatau adalah gunung berapi yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Gunung berapi ini pernah meletus pada tanggal 26 Agustus 1883. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat. Suara letusan Gunung Krakatau sampai terdengar di Alice Springs, Australia dan pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali dari bom atom yang meledak di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.
Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York. Ledakan Krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan Gunung Toba dan Gunung Tambora di Indonesia, Gunung Tanpo di Selandia Baru dan Gunung Katmal di Alaska. Namun gunung-gunung tersebut meletus jauh di masa populasi manusia masih sangat sedikit. Sementara ketika Gunung Krakatau meletus, populasi manusia sudah cukup padat, sains dan teknologi telah berkembang, telegraf sudah ditemukan, dan kabel bawah laut sudah dipasang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa saat itu teknologi informasi sedang tumbuh dan berkembang pesat. Tercatat bahwa letusan Gunung Krakatau adalah bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut. Kemajuan tersebut, sayangnya belum diimbangi dengan kemajuan di bidang geologi. Para ahli geologi saat itu bahkan belum mampu memberikan penjelasan mengenai letusan tersebut.


Perkembangan Gunung Krakatau
Gunung Krakatau Purba
Melihat kawasan Gunung Krakatau di Selat Sunda, para ahli memperkirakan bahwa pada masa purba terdapat gunung yang sangat besar di Selat Sunda yang akhirnya meletus dahsyat yang menyisakan sebuah kaldera (kawah besar) yang disebut Gunung Krakatau Purba, yang merupakan induk dari Gunung Krakatau yang meletus pada 1883. Gunung ini disusun dari bebatuan andesitik.

Catatan mengenai letusan Krakatau Purba yang diambil dari sebuah teks Jawa Kuno yang berjudul Pustaka Raja Parwa yang diperkirakan berasal dari tahun 416 Masehi. Isinya antara lain menyatakan:
Ada suara guntur yang menggelegar berasal dari Gunung Batuwara. Ada pula goncangan bumi yang menakutkan, kegelapan total, petir dan kilat. Kemudian datanglah badai angin dan hujan yang mengerikan dan seluruh badai menggelapkan seluruh dunia. Sebuah banjir besar datang dari Gunung Batuwara dan mengalir ke timur menuju Gunung Kamula.... Ketika air menenggelamkannya, pulau Jawa terpisah menjadi dua, menciptakan pulau Sumatera.
Pakar geologi B.G. Escher dan beberapa ahli lainnya berpendapat bahwa kejadian alam yang diceritakan berasal dari Gunung Krakatau Purba, yang dalam teks tersebut disebut Gunung Batuwara. Menurut buku Pustaka Raja Parwa tersebut, tinggi Krakatau Purba ini mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut, dan lingkaran pantainya mencapai 11 kilometer. Akibat ledakan yang hebat itu, tiga perempat tubuh Krakatau Purba hancur menyisakan kaldera (kawah besar) di Selat Sunda. Sisi-sisi atau tepi kawahnya dikenal sebagai Pulau Rakata, Pulau Panjang dan Pulau Sertung, dalam catatan lain disebut sebagai Pulau Rakata, Pulau Rakata Kecil dan Pulau Sertung. Letusan gunung ini disinyalir bertanggung- jawab atas terjadinya abad kegelapan di muka bumi. Penyakit sampar bubonic terjadi karena temperatur mendingin. Sampar ini secara signifikan mengurangi jumlah penduduk di muka bumi. Letusan ini juga dianggap turut andil atas berakhirnya masa kejayaan Persia purba, transmutasi Kerajaan Romawi ke Kerajaan Byzantium, berakhirnya peradaban Arabia Selatan, punahnya kota besar Maya, Tikal dan jatuhnya peradaban Nazca di Amerika Selatan yang penuh teka-teki. Ledakan Krakatau Purba diperkirakan berlangsung selama 10 hari dengan perkiraan kecepatan muntahan massa mencapai 1 juta ton per detik. Ledakan tersebut telah membentuk perisai atmosfer setebal 20-150 meter, menurunkan temperatur sebesar 5-10 derajat selama 10-20 tahun.

Munculnya Gunung Krakatau

Perkembangan Gunung Krakatau
Pulau Rakata, yang merupakan satu dari tiga pulau sisa Gunung Krakatau Purba kemudian tumbuh sesuai dengan dorongan vulkanik dari dalam perut bumi yang dikenal sebagai Gunung Rakata yang terbuat dari batuan basaltik. Kemudian, dua gunung api muncul dari tengah kawah,
bernama Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan yang kemudian menyatu dengan Gunung Rakata yang muncul terlebih dahulu. Persatuan ketiga gunung api inilah yang disebut Gunung Krakatau. Gunung Krakatau pernah meletus pada tahun 1680 menghasilkan lava andesitik asam. Lalu pada tahun 1880, Gunung Perbuwatan aktif mengeluarkan lava meskipun tidak meletus. Setelah masa itu, tidak ada lagi aktivitas vulkanis di Krakatau hingga 20 Mei 1883. Pada hari itu, setelah 200 tahun tertidur, terjadi ledakan kecil pada Gunung Krakatau. Itulah tanda-tanda awal bakal terjadinya letusan dahsyat di Selat Sunda. Ledakan kecil ini kemudian disusul dengan letusan-letusan kecil yang puncaknya terjadi pada 26-28 Agustus 1883.

Letusan Gunung Krakatau
Pada hari Senin, 27 Agustus 1883, tepat jam 10.20, meledaklah gunung itu. Menurut Simon Winchester, ahli geologi lulusan Universitas Oxford Inggris yang juga penulis National Geoghrapic mengatakan bahwa ledakan itu adalah yang paling besar, suara paling keras dan peristiwa vulkanik yang paling meluluh-lantakkan dalam sejarah manusia moderen. Suara letusannya terdengar sampai 4.600 km dari pusat letusan dan bahkan dapat didengar oleh 1/8 penduduk bumi saat itu. Menurut para peneliti di University of North Dakota, ledakan Krakatau bersama Tambora (1815) mencatatkan nilai Volcanic Explosivity Index (VEI) terbesar dalam sejarah modern. Sedangkan buku The Guiness Book of Records mencatat ledakan Krakatau sebagai ledakan yang paling hebat yang terekam dalam sejarah. Selain itu, ledakan Krakatau telah melemparkan batu-batu apung dan abu vulkanik dengan volume 18 kilometer kubik. Semburan debu vulkanisnya mencavai 80 km. Benda-benda keras yang berhamburan ke udara itu jatuh di dataran pulau Jawa dan Sumatera bahkan sampai ke Sri Lanka, India, Pakistan, Australia dan Selandia Baru.
Akibat letusan itu menghancurkan Gunung Danan, Gunung Perbuwatan serta sebagian Gunung
Rakata dimana setengah kerucutnya hilang, membuat cekungan selebar 7 km dan sedalam 250
meter. Gelombang laut naik setinggi 40 meter menghancurkan desa-desa dan apa saja yang
berada di pesisir pantai. Tsunami ini timbul bukan hanya karena letusan tetapi juga longsoran bawah laut. Tercatat jumlah korban yang tewas mencapai 36.417 orang berasal dari 295 kampung kawasan pantai mulai dari Merak (Serang) hingga Cilamaya di Karawang, pantai barat Banten hingga Tanjung Layar di Pulau Panaitan (Ujung Kulon serta Sumatera Bagian selatan. Di Ujungkulon, air bah masuk sampai 15 km ke arah barat. Keesokan harinya sampai beberapa hari kemudian, penduduk Jakarta dan Lampung pedalaman tidak lagi melihat matahari. Gelombang Tsunami yang ditimbulkan bahkan merambat hingga ke pantai Hawaii, pantai barat Amerika Tengah dan Semenanjung Arab yang jauhnya 7 ribu kilometer.

Anak Krakatau
Mulai pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau dari kawasan kaldera purba tersebut yang masih aktif dan tetap bertambah tingginya. Kecepatan pertumbuhan tingginya sekitar 20 inci per bulan. Setiap tahun ia menjadi lebih tinggi sekitar 20 kaki dan lebih lebar 40 kaki. Catatan lain menyebutkan penambahan tinggi sekitar 4 cm per tahun dan jika dihitung, maka dalam waktu 25 tahun penambahan tinggi anak Rakata mencapai 7.500 inci atau 500 kaki lebih tinggi dari 25 tahun sebelumnya. Penyebab tingginya gunung itu disebabkan oleh material yang keluar dari perut gunung baru itu. Saat ini ketinggian Anak Krakatau mencapai sekitar 230 meter di atas permukaan laut, sementara Gunung Krakatau sebelumnya memiliki tinggi 813 meter dari permukaan laut.
Menurut Simon Winchester, sekalipun apa yang terjadi dalam kehidupan Krakatau yang dulu sangat menakutkan, realita-realita geologi, seismik serta tektonik di Jawa dan Sumatera yang aneh akan memastikan bahwa apa yang dulu terjadi pada suatu ketika akan terjadi kembali. Tak
ada yang tahu pasti kapan Anak Krakatau akan meletus. Beberapa ahli geologi memprediksi letusan in bakal terjadi antara 2015-2083. Namun pengaruh dari gempa di dasar Samudera Hindia pada 26 Desember 2004 juga tidak bisa diabaikan. Menurut Profesor Ueda Nakayama salah seorang ahli gunung api berkebangsaan Jepang, Anak Krakatau masih relatif aman meski aktif dan sering ada letusan kecil, hanya ada saat-saat tertentu para turis dilarang mendekati kawasan ini karena bahaya lava pijar yang dimuntahkan gunung api ini. Para pakar lain menyatakan tidak ada teori yang masuk akal tentang Anak Krakatau yang akan kembali meletus. Kalaupun ada minimal 3 abad lagi atau sesudah 2325 M. Namun yang jelas, angka korban yang ditimbulkan lebih dahsyat dari letusan sebelumnya.

Sumber:
1. wikipedia.

2. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Lampung (http://visitlampung2009.com)
Baca Selengkapnya..

Rabu, Februari 11, 2009

Hati-hati Parkir Kendaraan

Untuk kategori Dunia Memang Aneh, saya tampilkan postingan yang saya ambil dari beberapa sumber, yang berisi kejadian-kejadian aneh, lucu, menarik dan lain-lain yang membuat kita menggelengkan kepala karena mungkin kejadian tersebut tidak seharusnya terjadi. Tetapi apa sih yang tidak mungkin di dunia ini?Apalagi bila Tuhan menghendaki pasti terjadi. Yang pasti, semoga dengan artikel ini, membuat kita lebih waspada dalam bertindak dan tidak mengalami hal-hal yang bisa merugikan diri kita maupun orang lain. Untuk postingan ini saya ambil dari Harian Radar Madiun edisi Rabu, 11 Pebruari 2009, silahkan di baca semoga bermanfaat


Disopiri Orgil, Truk Nyungsep
MADIUN - Ini peringatan bagi sopir yang tengah memarkir kendaraannya. Sulaiman, 36, warga Desa Bagi, Kecamatan Madiun harus merelakan truk gandeng bernopol AE 7005 BU yang bermuatan mie instan nyungsep ke parit di Jalan Raya Madiun - Surabaya. Truk yang diparkir itu nyungsep karena tiba-tiba dikemudikan orang gila.

Peristiwa itu terjadi pukul 08.00 WIB di depan rumah korban, kemarin (10/2). Saat itu, truk gandeng yang mengangkut mie instan dari Gresik, diparkir di depan rumahnya. Rencannya, muatan akan dibawa ke Magelang Jawa Tengah.

Setelah memarkir di lokasi yang dianggap aman, Sulaiman bergegas sarapan pagi dan beristirahat sejenak. Tanpa disadari kuncinya masih menancap di truk. Kondisi ini dimanfaatkan orang gila tak dikenal masuk ke truk dan mengemudikannya.

Karena tidak memiliki keahlian, injakan gas mengakibatkan truk yang bermuatan lebih dari 5 ton itu melaju tidak terkendali. Dan, akhirnya nyungsep di parit yang berjarak 200 meter dari tempat truk itu diparkir.

Akibat kejadian itu, sopir dadakan mengalami luka parah di bagian tangan dan kaki kanan. Polisi dibantu warga langsung membawa orgil tersebut ke RSUP dr Soedono Madiun. ''Peristiwanya tiba-tiba orang gila itu masuk ke dalam truk langsung menyopirinya,'' kata Sularso, salah seorang saksi.

Selain orgil luka, muatan juga tumpah akibat bak truk yang terguling. Peristiwa itu sempat mengakibatkan jalur Madiun - Surabaya macet beberapa saat. Mengingat, banyak pengemudi yang sedang melintas mampir untuk melihat kecelakaan itu.

Kasatlantas Polres Madiun AKP Purwadi mengatakan kecelakaan murni human error. ''Ini lah bila sopir ceroboh tidak mencabut kunci. Untuk itu, harus benar-benar diperhatikan saat memarkir kendaraan,'' jelas Purwadi. (dip/irw)
Baca Selengkapnya..

Senin, Februari 09, 2009

(Dilarang) Merokok

Dilarang Merokok ! Kalimat yang sering kita jumpai di tempat umum seperti : Rumah Sakit, Kantor Pemerintah, Bank, Supermarket, Bus Umum, Kereta Api , dll. Namun ironisnya di dekat peringatan tersebut, (biasanya) ada saja orang yang tidak peduli keadaan sekitar merokok dengan asyik. Tidak menghiraukan bahwa disebelahnya ada orang tidak merokok juga terkena efeknya. Bahkan tak jarang terjadi selisih paham, saat si perokok ditegur oleh orang yang tidak merokok.
Setelah MUI mengeluarkan fatwa haram merokok, tak ayal muncul pro kontra di masyarakat dalam menyikapi fatwa tersebut. Di satu sisi yang setuju dengan fatwa tersebut berdalih bahwa merokok lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya, namun yang kontra pun memiliki dalih yang juga masuk akal, masih banyak rakyat Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari rokok. Baik yang bekerja di industri rokok, penjual rokok sampai yang menjadi petani tembakau.
Untuk lebih mengerti apa dan bagaimana rokok itu, dibawah ini saya menampilkan artikel : "merokok yang sehat" saya copas dari suara pembaca detik.com

Merokok yang "Sehat"

Jakarta - Menurut prakiraan WHO jumlah kematian yang terkait dengan rokok saat ini mencapai 5,4 juta orang per tahun. Jika dibiarkan maka jumlah kematian dapat mencapai satu miliar pada akhir abad 21. 80%-nya merupakan penduduk negara berkembang. Tidak ada yang menyangkal kalau kebiasaan yang telah dimulai 4-5000 tahun lalu merupakan salah satu biang keladi yang menggrogoti kesehatan manusia. Secara nyata pula berimbas negatif pada ekonomi negara maju dan berkembang.

Jika dibuatkan daftar penyakit yang dapat ditimbulkan dari 4000 jenis zat, unsur, dan senyawa kimia yang ada dalam rokok dan asap rokok. Maka daftar itu akan merupakan yang terpanjang yang sulit dicarikan tandingannya.
Sebuah penelitian yang lebih dikenal dengan "British Doctors Study" selama kurun waktu 1951-2001, menyimpulkan kebiasaan merokok telah menyebabkan turunnya harapan hidup sampai 10 tahun.

Kesimpulan itu tentunya semakin menguatkan stigma perokok sebagai orang yang "awet muda". Artinya mereka memang tidak pernah menjadi tua karena umur mereka memang lebih pendek. Tak ajal. Semakin banyak negara yang membuat peraturan yang membatasi atau bahkan melarang. Seperti Bhutan yang memasukan aktivitas merokok sebagai perbuatan melanggar hukum.

Senyawa Berbahaya dan Beracun dalam Rokok
Adalah proses fermentasi tembakau (curing) sebelum dilinting menjadi rokok dan proses pembakaran saat merokok yang menjadikan rokok sarat dengan zat kimia berbahaya dan beracun. Proses curing yang banyak dilakukan dengan pemanasan.

Pemanasan baik melalui kontak langsung atau pun tidak langsung dengan api yang menyebabkan terjadinya proses reaksi kimia (oksidasi dan pirolisis) pada senyawa-senyawa kimia dalam tembakau. Proses curing yang ditujukan untuk memberikan ciri khas rasa serta kontrol kadar nikotin pada tembakau juga menghasilkan nitrosamines yang merupakan salah satu karsinogen utama (zat yang dapat menyebabkan kanker) dalam rokok.

Selanjutnya pada proses pembakaran saat rokok dinyalakan, selain nitrosamines dalam rokok yang terhisap, nitrosamines tambahan sebagai hasil reaksi oksidasi nikotin dan karsinogen lainnya sebagai produk reaksi pirolisis (penguraian suhu tinggi tanpa oksigen) pun ikut terhisap. Bersama nitrosamines terdapat deret panjang karsinogen lainnya yang ikut terhisap seperti logam berat (timbal (Pb), cadmium, mercury, arsenik), acrolein, formaldehyde, benzene, radioaktif (210Pb, 210Po), PAH (poly-aromatic hydrocarbons) dan lain-lain.

Polonium (Po) sendiri adalah unsur radioaktif yang sangat beracun. 250 ribu kali lebih beracun dari gas sianida dan hanya dibutuhkan satu gram untuk membunuh 10 juta manusia dalam tempo singkat. Po inilah yang merupakan salah satu dari 69 jenis karsinogen dalam asap rokok yang ikut "dinikmati" oleh perokok pasif, yang mungkin termasuk anak istri dari perokok sendiri.

Kebiasaan merokok dalam ruang ber-AC semakin memperburuk keadaan perokok
pasif. Terjadi pemekatan radioaktif serta zat-zat berbahaya dan beracun di atas.

Merokok yang "Sehat"
Bagi yang bukan perokok sangatlah gampang mengatakan tidak pada rokok. Tapi, bagi pencandu berat nikotin mereka mungkin akan memilih tidak makan sehari daripada tidak merokok sehari. Sementara itu efek asap rokok bagi perokok pasif pun bukan lagi suatu yang diperdebatkan seperti dua atau tiga dasawarsa silam.

Hasil studi epidemiologi sudah begitu kuat menunjukkan perokok pasif pun ikut menuai akibat dari aktivitas perokok di sekitar mereka. Namun, adakah pilihan yang lebih bijaksana sehingga bagi yang tidak makan nangka tidak perlu kebagian getahnya.

Walaupun setiap jenis rokok memberikan cita rasa tersendiri bagi pemakainya efek "nendang" dalam rokok bakar ditentukan oleh tinggi rendahnya kandungan nikotin yang juga merupakan senyawa utama yang bertanggung jawab pada proses kecanduan. Saat rokok dinyalakan dan dihisap hanya diperlukan 7 detik bagi nikotin untuk mencapai otak. Walaupun sebenarnya nikotin yang terhisap dan masuk dalam aliran darah hanyalah sebagian kecil dibandingkan dengan total kandungan nikotin dalam rokok.

Kadar yang kecil itu cukup untuk memaksa otak yang berkerja berdasarkan "reward system" untuk melepaskan neurotransmitter dopamine yang memberikan efek menyenangkan. Dan, mekanisme pelepasan dopamine yang dirangsang oleh nikotin tidaklah beda dengan narkoba lainnya seperti cocaine dan heroin. Dari hasil studi selama ini efek buruk nikotin sendiri bagi kesehatan memang lebih "lembut" dibandingkan senyawa dan unsur kimia dalam asap rokok hasil pembakaran yang masuk ke dalam paru.

Dan sampai saat ini IARC (International Agency for Research on Cancer) belum mengklasifikasi nikotin sebagai senyawa karsinogenik. Walaupun beberapa studi terakhir menunjukkan nikotin sebagai "pupuk" dalam pertumbuhan tumor kanker.

Smokeless Tobacco
Rokok tanpa asap (smokeless tobacco) seperti tembakau kunyah (chewing tobacco, dipping tobacco), snuff dan snus, melepaskan jauh lebih banyak nikotin ke dalam tubuh dibandingkan rokok bakar. Smokeless tobacco boleh jadi menjadi pilihan yang lebih bijaksana jika kecanduan nikotin tidak dapat dihentikan ataupun dikurangi.

Dengan beralih ke smokeless tobacco setidaknya collateral damage alias tebar racun kepada orang sekitarnya yang tidak merokok dapat dihindari. Di antara jenis smokeless tobacco terdapat dua pilihan yang cukup "baik".

Pilihan pertama tentunya adalah kembali pada kebiasaan "nyirih". Suatu budaya yang keberadaannya telah dirongrong oleh budaya rokok bakar ala barat. Dengan mengganti pinang (yang menurut IARC bersifat karsinogenik) dengan tembakau kering alami, campuran gambir, tembakau, dan kapur dalam bungkusan daun sirih tentukan akan memberikan efek "nendang" yang lebih
"sehat" dibandingkan dengan rokok bakar.

Pilihan kedua adalah snus (http://en.wikipedia.org/wiki/Snus). Dilihat sekilas snus adalah versi modern dari "nyirih". Campuran bubuk tembakau mentah (tanpa fermentasi), rempah-rempah, garam, sodium karbonat, dimasukkan dalam kantong-kantong kecil. Snus yang telah digunakan selama kurang lebih 200 tahun di Swedia dan dipercaya sebagai cara mendapatkan nikotin "paling sehat" di antara jenis smokeless tobacco.

Hal ini terbukti dari hasil studi yang menunjukkan jumlah kasus kanker paru pada kaum pria di Swedia adalah yang terkecil di antara negara-negara di benua Eropa. Berbeda dengan tembakau kunyah ala Amerika (http://en.wikipedia.org/wiki/Dipping_tobacco), proses curing tembakau dalam snus tidak melalui pembakaran dengan api melainkan dengan uap air panas yang akhirnya menghasilkan produk dengan kadar nitrosamines yang jauh lebih rendah.

Walaupun mungkin terkesan kurang "macho" karena tidak "ngebul", snus yang pemakaiannya dilakukan dengan menyelipkan kantong kecil berisi snus pada gusi bibir atas berhasil "dipopulerkan" oleh pemerintah Swedia. Keberhasilan snus menggeser tahta rokok bakar ini tak lepas dari kontrol ketat terhadap asap rokok pada fasilitas umum serta pemberlakukan cukai yang tinggi pada rokok bakar.

Belajar pada kasus Swedia Pemerintah Indonesia harusnya jangan ragu memberlakukan cukai tinggi pada rokok bakar. Jangan takut pula kehilangan cukai dari rokok bakar karena pemasukan cukai itu tak lebih dari menabung untuk membeli obat yang apabila dihitung dengan memasukan aspek turun kualitas sumber daya manusia Indonesia tabungan cukai rokok itu menjadi kurang. Atau bahkan tidak berarti sama sekali.

Kian Siong Ph D
645 Shimo Okubo, Saitama I house 3103
Sakura ku, Saitama Shi
siong@mail.saitama-u.ac.jp
+81-90-6042-1487

Penulis adalah peneliti di Saitama University Japan.


Baca Selengkapnya..

Jumat, Februari 06, 2009

Peraturan Futsal ( downloadable Pdf version)

Dalam postingan saya sebelumnya, saya pernah memuat peraturan Futsal yang singkat. berikut saya menampilkan Peraturan Futsal yang lebih lengkap, meskipun masih ada kekurangannya mohon dimaklumi ya, sekalian kalau ada yang mau nambahin saya persilahkan.

O ya, kali ini peraturan futsalnya saya upload dalam format Pdf, maaf, lagi sibuk kerja nih gak sempat ngetik.
bagi yang mau download silahkan di klik saja di Peraturan Futsal FIFA versi Pdf
bagi yang gak sempet download, nanti saya posting langsung pas ada waktu luang ya...
terima kasih bagi yang sudah mampir ke blog saya, sekalian mohon komentnya ya.....
cheers

Baca Selengkapnya..

Senin, Februari 02, 2009

Hari yang Cerah


Hari yg cerah ? Benar kah? secara di Kota Madiun turun hujan sejak Minggu malam, bahkan hingga pagi ini mendung masih setia menggantung di langit Kota Madiun. Tapi, memang benar! Hari ini merupakan hari yang cerah bagi saya. Alasannya :
karena hari ini merupakan hari pertama masuk kerja di Pebruari, alias waktunya terima gaji he..he... enaknya jadi abdi negara, kerjanya juga enak kok, cuma menjadi Abdi Negara alias PNS itu yang sulit karena harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang yang juga ingin jadi PNS.
Tetapi ya bukan itu saja. Kabar baik lainnya ya sehabis begadang semalaman untuk menyaksikan pertandingan sepakbola Serie A antara Lazio vs AC Milan, saya merasa tidak sia-sia karena akhirnya pertandingan dimenangkan oleh tim jagoan saya, AC Milan, melalui gol-gol yang dicetak oleh Pato pada menit 42, Ambrosini pada menit 48 setelah menyundul bola hasil tendangan bebas mas Beckham dan ditutup oleh gol Kaka, hasil kerjasama satu dua dengan Seedorf, pada menit 83. Milan pun menang telak 3-0, padahal pertandingan di gelar di kandang Lazio. Ditambah lagi : kekalahan Juventus dari Cagliari dengan skor 2-3, ini merupakan kejutan karena Juventus main di kandang. Sampai-sampai mas Alek aka Alessandro del Pierro bilang bahwa ini adalah pertandingan yang aneh. Bagaimana tidak aneh ? Memang aneh karena Juventus yang menguasai pertandingan dan lebih banyak melakukan shot on goal, kalah oleh Cagliari yang lebih banyak bertahan dan hanya melakukan 3 kali shot on goal. Lebih senang lagi karena Inter Milan juga gagal menang setelah ditahan imbang Torino dengan skor 1 - 1 sewaktu bermain di San Siro. Hasil-hasil ini tentu saja membuat peluang AC Milan meraih scudetto terbuka lebih lebar lagi, setelah sekarang berada di posisi 2 klasemen, terpaut 6 poin dari Inter Milan di posisi pertama dan unggul 1 poin dari Juventus di posisi 3. Memang akhir pekan ini waktu buat Milanisti bersenang-senang ya? Mudah-mudahan begitu terus sampai akhir musim. Buat rekan-rekan blogger yang merupakan pendukung Inter Milan dan Juventus tabah dan sabar dulu ya, mudah-mudahan di laga mendatang mendapat hasil yang "lebih baik".
Dan juga terima kasih buat Blogger yang telah berbagi ilmu melalui blognya, seperti : mas fandyQwu, hari ini aku copas translatenya mas. Buat mas Pupu yang telah mnyediakan lagu-lagu lawas untuk diunduh dan didengarkan secara gratis. terima kasih, mas! Jadi bisa dapat dan mendengarkan lagu-lagu favorit saya semasa SMA dulu.
dan spesial buatmbak hanniGues, gimana khabar anak2 didiknya, mbak ? tambah lucu dan pinter-pinter pastinya dan mas manto yang suka banget utak atik mobil, sukses ya mas. Sekalian saya mau ucapkan terima kasih mbak hanniGues dan mas manto telah mau mengikuti blog saya. (bangga dunk sebagai warga blogger baru, ada yg ngikutin blog saya).

Akhirnya memang hari yang cerah buat memulai pekerjaan ....
Semangat yo.... semangat !
Baca Selengkapnya..

Kamis, Januari 29, 2009

Mengubah Format Tanggal di Shout Mix

widget shoutmix merupakan salah satu sarana interaksi yg langsung up date, sehingga banyak diminati untuk meninggalkan pesan pada blog yg kita kunjungi. Namun bila dicermati ternyata tanggal yg ditampilkan terkadang atau bahkan tidak sesuai dengan keadaan saat kita meninggalkan pesan, apalagi bagi kita di Indonesia. yg tampilannya, kalau bener, dilihatnya seperti ini :

























dengan begini kan terasa ada yg kurang. yaitu saya tidak tahu jam berapa persisnya teman2 berkunjung ke blog saya. Setelah klik kanan klik kiri, kulik sana kulik sini, sayapun menemukan cara untuk merubah tampilan shoutmix di blog saya, sehingga saya dapat dengan mudah mengetahui pada jam berapa saja teman saya berkunjung ke blog saya.
caranya seperti
ini

pertama-tama saya masuk ke account saya di shoutmix, kemudian masuk ke ke setting, seperti ini tampilannya






















setelah itu saya klik pada : Date & Time

muncullah tampilan layar yg kayak gini













pada Timezone saya pilih Asia/Jakarta, soalnya mau milih Madiun gak ada e
dan untuk tampilan Display saya pilih format tanggal yg saya sukai dan yg familier di Indonesia
terus tidak lupa saya klik Save setting...
tunggu beberapa saat sampe muncul your save setting succesfully.
kemudian saya buka kembali tabs blog saya klik refresh..... tha.............tha...........

widget shoutmix sayapun tampil dengan format yg saya inginkan...!
kalau ada temen2 yg ingin merubah tampilan widget shoutmixnya, monggo di cobain.... biar gak penasaran...







Baca Selengkapnya..

Senin, Januari 26, 2009

FUTSAL

Futsal... siapapun pasti mengetahui olahraga permainan ini. Yup, olahraga yg seperti sepakbola namun dimainkan di dalam ruangan dan 'hanya' terdiri dari 5 orang tiap tim ini memang lagi booming di Indonesia, dari kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogya hingga ke kota-kota kecilpun sudah banyak orang yg menggemari, olahraga yang ditemukan (atau diciptakan ya?) oleh Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 di Montevidio, Uruguay, ini.
Tak terkecuali di kota Madiun, makin banyak masyarakat yg melakukan olahraga ini, hal ini terbukti dari penuhnya jadwal pemakaian gedung olahraga untuk olahraga futsal, seperti di GOR Wilis Madiun, yang biasanya dilakukan pada sore atau malam hari. Memang futsal yg biasa dilakukan setelah seharian bekerja, bisa dimanfaatkan sebagai sarana refreshing mengurangi penat, sekaligus sebagai ajang kumpul2 bersama kolega ataupun rekan2 kantor. Karena tidak seperti sepakbola yg memiliki resiko cedera tinggi, dalam futsal 'mengharamkan' terjadinya bodycontact secara keras yg bisa menimbulkan resiko cedera, jadi bisa disimpulkan bahwa olahraga ini aman, walau bagi pemula sekalipun.

Namun, sayangnya walaupun banyak yg melakukan olahraga ini tetapi
sedikit yg sudah tahu dan mengerti peraturan2 permainan futsal. Padahal Peraturan Permainan Futsal ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap keselamatan pemain sekaligus membuat pertandingan lebih seru dan meminimalisir terjadinya kecelakaan terhadap pemain.
Nah, karena saya juga suka main futsal dan kebetulan juga saya punya aturan2 futsal, maka boleh dong kalau saya nampilin peraturan2 futsal. siapa tahu bisa berguna bagi rekan2 blogger yg suka main futsal. Semoga dengan mengetahui peraturan2 futsal, permainan lebih enak ditonton (emangnya ada yg nonton?), badan jadi sehat tetapi resiko cedera minim. sementara peraturan yg singkat dulu ya :

Ukuran Dan Gambar Lapangan :



Peraturan Futsal, tapinya yg singkat dulu, yg lebih komplit menyusul kemudian, pokoke mainnya yg bagus dan "bersih" kan sesama teman ini....

Peraturan Futsal

Lapangan permainan
1. Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m
2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos
4. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
5. Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang
6. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif

Bola
1. Ukuran: #4 (dianjurkan FIFA approved)
2. Keliling: 62-64 cm
3. Berat: 390-430 gram
4. Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
5. Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu, tak berbahaya)

Jumlah pemain
1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2
3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
4. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
5. Metode pergantian: "pergantian melayang" (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)

Perlengkapan pemain:
Kaos bernomor, celana pendek, kaus kaki, pelindung lutut, dan alas kaki bersolkan karet

Lama permainan
1. Lama: dua babak x 20 menit; waktu diberhentikan ketika bola berhenti dimainkan. Waktu dapat diperpanjang untuk tendangan penalti.
2. Time-out: 1x per regu per babak; tak ada dalam waktu tambahan
3. Waktu sela (istirahat) pergantian babak: maksimal 10 menit

Baca Selengkapnya..

Sabtu, Januari 24, 2009

Bikin Read More

Akhirnya bisa juga saya bikin read more di postingan saya. memang sebagai nubie di dunia perblogeran, saya masih harus banyak belajar biar bisa pinter kayak para master di jagad Blogger, seperti mas Fatih, mbahMul dan rekan2 blogger lainnya yg sering bagi ilmu lewat blognya. Makasih dan salut buat rakyat Blogger yg telah rela sharing ilmunya.
nah memang untung tak boleh ditolak, malang jangan diraih, kemaren pas asyik jalan2 saya terdampar di blognya mbak Jovie, disinilah saya menemukan cara yg paling mudah bikin readmore
di blogspot. Seperti yg kita tahu memang banyak cara untuk bikin readmore di blogspot, tetapi menurut saya, ya punyanya mbak Jovie ini yg paling mudah. setelah saya coba2, eh..eh.. langsung berhasil. senengnya hati ini. karena gak perlu lagi liat postingan yg panjang memenuhi halaman. makasih untuk mbak Jovie. bagi rekan2 Blogger yg ingin tahu caranya klik disini ya
semoga berhasil... cheers


Baca Selengkapnya..

Jumat, Januari 23, 2009

Madiun Kota Gadis



Madiun Kota Gadis, itulah kata2 semboyan yg kita jumpai saat memasuki Kota Madiun, baik dari arah Solo maupun dari Surabaya. Tentu saja pikiran kita kan terimagi bahwa di Kota Madiun banyak terdapat gadis. Memang bayangan kita tidak salah, karena pada kenyataannya penduduk perempuan di Kota Madiun lebih banyak daripada penduduk laki2nya, hal ini dapat terlihat dari perkembangan penduduk di Kota Madiun, di mana pada tahun 2006, keadaan penduduk perempuannya berjumlah 102.993 jiwa, bandingkan dengan penduduk laki2nya yg berjumlah 95.752 jiwa. Bahkan saat kita menelusuri jalanan Kota Madiun, kita kan jumpai banyak gadis2 yg lewat, baik yg mau bersekolah, kuliah, belanja maupun bekerja.
Namun semboyan Madiun Kota Gadis sebenarnya
merupakan pelaksanaan visi Kota Madiun, yaitu tekad Kota Madiun mewujudkan Kota Madiun sebagai Kota Perdagangan, Pendidikan dan Pariwisata. Langkah ke arah tersebut dapat dilihat dari semakin berkembangnya transaksi perdagangan di Kota Madiun yg ditandai dengan, diantaranya, banyaknya peritel skala nasional maupun internasional yg melebarkan sayap bisnisnya ke Kota Madiun baik berwujud mini maupun supermarket seperti Indomart, Alfamart, Matahari, Sri Ratu, Giant bahkan Carefour pun sudah menancapkan kuku bisnisnya di Kota Madiun. Hal ini tentu tidak lepas dari kondisi geografis Kota Madiun yg terhampar pada dataran rendah antara 70 35’45” LS70 40’ LS dan 111’ – 112’ Bujur Timur membentang ke arah Utara Selatan sepanjang 7,5 km dan arah Timur Barat sepanjang 6 km serta Luas Wilayah 33,23 km2 dan terletak di persimpangan jalur utama Propinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah serta dijadikan sebagai pusat pengembangan Jawa Timur Bagian Barat, menjadikan Kota Madiun sebagai tempat yg strategis untuk mengembangkan bisnis.
Sementara untuk pengembangan pendidikan, di Kota Madiun saat ini sudah berdiri sekolah Nasional Berstandar Internasional pada SMAN 3 Madiun, bahkan banyak pelajar2 Kota Madiun yg berprestasi ditingkat Nasional bahkan Internasional, baik di bidang akademik maupun olahraga. Dan sekolah2 di Kota madiun banyak yg menjadi tujuan menuntut ilmu pelajar dan mahasiswa dari daerah2 sekitarnya seperti Magetan, Ngawi, Ponorogo, bahkan ada yg dari propinsi lain seperti Kalimantan, Papua dan NTT.
Sedangkan di pariwisata walaupun Kota Madiun tidak memiliki potensi wisata alam seperti Telaga Sarangan di Magetan, Telaga Ngebel di Ponorogo namun Kota Madiun memiliki sarana dan prasarana yg memadai sebagai tempat transit maupun stay bagi wisatawan yg berkunjung ke tempat wisata tersebut. hal ini dikarenakan selain terdapat sarana belanja yg baik di Kota Madiun terdapat hotel mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang dan ditunjang dengan sarana transportasi yg baik di terminal bus dan stasiun kereta api besar.
Sedangkan untuk tujuan wisata di Kota Madiun mengandalkan wisata iptek pada PT. INKA yg merupakan pabrik pembuatan kereta api terbesar di Asia Tenggara, wisata religi dan budaya pada Masjid Kuno Taman dan Masjid Kuno Kuncen.
selain itu di Kota Madiun juga terdapat stadion sepakbola yg cukup megah dan sering dijadikan homebase bagi tim2 peserta Liga Indonesia seperti Persekabpas, Persik, Persebaya dan Persibo.
sementara ini dulu deh yg saya uploadin, soale si Athar, jagoan saya, dah pingin main komputer.
see u next y




Baca Selengkapnya..

Rabu, Januari 21, 2009

ya begini saja, mau gimana lagi ?

Kemarin-kemarin dapat ide banyak buat bikin postingan, tetapi apa daya conectivitas smart gratisku lagie lelet minta ampyun deh, bahkan sekedar buka posting aj gak sanggup nunggunya, bahkan sampe menjelang subuh cuma sekedar refresh thox. akhirnya ya tutup aj kekonekannya dan say goodbye trus bobo'.

malam ini.... lumayan lah sudah bisa bikin post baru walau konek internetnya masih agak lelet2 juga, tetapi kok sekarang gantian otak saya yg bikin ide2 yg mau dituangkan jadi lelet ?
apa karena pengaruh harga2 yg tetep naik walau BBm telah turun 3x..( yg ini bukan kampanye lho, saya 100% gak ada hubungannya sama penyebab turunnya harga BBM, kalau pengguna sih, iya !),
atau mungkin karena senangnya hati karena Timnas Indonesia bisa nahan seri timnas Oman(juara piala Teluk 2009 setelah mengalahkan Arab Saudi 6-5 lewat adu penalti) di Muscat dengan skor 0-0, jarang2 lho Timnas kita bisa dapat poin dari away ke timteng, jadi hatiku seneng banget dan biasanya sih kalau hati senang otak saya agak susah diajak mikir, pinginnya heppy melulu.... wajar gak, sob?
dan sebagai penggemar AC Milan... saya jadi lega (setelah deg2an dengan berita di media yg mengatakan kaka' bakalan cabut dari Milan) dengan keputusan Kaka' yg tetep bertahan di Milan , setelah saga transfer Kaka' yg katanya mencapai hampir 1,7 trilyun rupiah (duit beneran gak ya?) plus tawaran gaji dari Man City untuk Kaka' sebesar 242 Miliar rupiah setahunnya, gila nggak ? uang sebanyak itu cuma buat satu pemain. kalau di Ligina bisa buat jalanin kompetisi beberapa tahun tuh. pusing kan mikirinnya betapa jauh bangsa ini tertinggal... makanya sayapun jadi lelet

masih banyak lagi hal2 yg membuat saya jadi lelet ...seperti kasus korupsi yg gak selesai2 bahkan kadang sampai ada koruptor yg gak ketahuan lagi alias simsalabim ilang. (kayak David Copperfield aja ya? bisa ngilangin sesuatu)
trus gambar2 kampanye jelang pemilu 2009, yg rencananya diselenggarakan tgl 9 April 2009, yg mulai memenuhi bukan saja sudut2 kota tetapi bahkan di tengah2 kota, bahkan sampai pohon-pohon pun jadi sarana untuk memasang gambar caleg (padahal pohon kan gak boleh dipasang alat kampanye, duuh baru caleg aj dah melanggar aturan atau malah gak tahu aturan yach?)
bahkan perdebatan tentang mendiang mantan presiden Suharto yg menurut sebagian golongan pantas dinobatkan jadi pahlawan nasional, namun bagi sebagian lainnya tidak pantas karena menganggap beliau banyak "dosa terhadap rakyat", memang sebegitu pentingkah perdebatan itu ? kalau bagi saya beliau adalah juga mantan Presiden RI (seperti mantan2 presiden RI lainnya) , yg dengan keberadaannya telah menghiasi sejarah bangsa ini, baik dengan kelebihan dan kekurangannya. tentu saja tugas dan tanggung jawab kita untuk meneruskan perjuangan bangsa ini menuju masyarakat yg merdeka sejahtera adil dan makmur sesuai amanat perjuangan para Founding Father Republik Indonesia sebagaimana tersurat dalam Pembukaan UUD 1945. ( he...he...kalau yg ini saya gak lelet khan )

nah berhubung saya dah gak lelet lagi, saya mau mohon diri alias take a rest karena besok saya harus kerja mengabdikan diri untuk melayani masyarakat..mohon doa nya semoga saya lancar dalam melaksanakan tugas dan tidak terpengaruh hal2 yg menyesatkan.

salam Blogger, saling berbagi untuk hidup yg lebih baik. sukses untuk semua. cheers ! Baca Selengkapnya..

Senin, Januari 19, 2009

Malam ini ...



Tak terbayangkan, malam ini perasaan berbeda tampil di hati saya. Perasaan senang dan gembira (tentu saja) karena malam ini banyak teman2 Blogger yg rela meluangkan waktunya untuk mampir dan mengisi Shoutbox di blog saya. Terima kasih buat Sesama Blogger yg telah mampir ke Blog saya.
saya yakin bahwa berkat dukungan dan masukan2 dari Sesama Blogger, akan membuat saya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.
saya juga mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan yg saya buat. saya janji akan mengurangi kekurangan itu agar menjadi kelebihan.
Sebarkan terus semangat berbagi ala Blogger demi kemajuan bangsa .. Baca Selengkapnya..

Selasa, Januari 13, 2009

Lambang Kota Madiun


mumpung masih betah di depan pc. gak ada salah kan kalau nampilin makna dari lambang Kota Madiun (kota tercinta gitu), pastinya kan banyak yg belum tahu tentang lambang Kota Madiun walaupun sudah sering liat.

Arti Lambang Kota Madiun berdasarkan Peraturan Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Madiun Nomor 4 Tahun 1970.

Makna Lambang :
  • Perisai sebagai dasar lambang warna hijau tua = sebagai penjagaan dan perlindungan bagi penduduk dan pemerintah;
  • Dua Gunung dan Sungai warna biru dan putih, langit cerah warna kuning serta tanah subur hijau muda = letak Kota Madiun di daerah yang subur diantara Gunung Lawu dan Gunung Wilis dimana mengalir Bengawan Madiun;
  • Fondamen terdiri dari 5 batu utama warna merah = dasar Pemerintah Daerah yg demokratis bersendi Pancasila;
  • Tugu warna putih = persatuan dan pengabdian yg dijiwai semangat Proklamasi 17 Agustus 1945;
  • Keris Pusaka Tundung Madiun warna hitam = kejayaan, kepribadian dan sebagai penolak bahaya.
Padi dan Kapas warna kuning emas, 17 butir padi dan 8 bunga dan 9 (4+5) daun bermakna kemakmuran dan kesejahteraan sesuai cita2 proklamasi 17 Agustus 1945.

Makna warna pada Lambang Kota Madiun :
  • Hijau Tua & Hijau Muda = kesuburan, kemakmuran dan kesejahteraan
  • Kuning & Kuning Emas = kebesaran dan kejayaan
  • Biru = ketentraman dan kesetiaan
  • Putih = kesucian
  • Merah = keberanian
  • Hitam = keabadian
secara keseluruhan arti/makna lambang daerah Kota Madiun adalah Pemerintah Daerah yang demokratis penuh kesetiaan, keberanian dan kesucian sebagai pelindung rakyat, mengabdi dan berjuang atas dasar jiwa Proklamasi 17 Agustus 1945 menuju masyarakat adil makmur dan sejahtera berdasar Pancasila.

(sumber : Kota Madiun Menata Masa Depan by Pemkot Madiun 2005 ) Baca Selengkapnya..

Minggu, Januari 11, 2009

Enaknya Ngapain .. ?

bleh....... suntuk dan gak tahu deh mau ngapain minggu malam gini. Mau keliling2 kota sama Athar dan Bundanya? kayaknya berat di hati deh alias males kalau ingat jalanan bakal becek? karena sore tadi hujan cukup deras dan agak lama, bisa dipastikan bahwa jalanan di Kota Madiun jadi becek. ya, mau gimana lagi ? orang masih banyak bekas galian proyek gorong2 yg belum selesai ditutup, bikin tanah bekas galian jadi kayak lumpur. Unik juga sih lihat jalanan di Kota Madiun yg berpredikat sebagai Kota Adipura, berlepotan lumpur kayak sawah. Bisa nggak ya, kota Madiun dapat Adipura di tahun 2009 ini ? gak tahu deh mau nyalahin sapa ?
kalau dulu sih enaknya di depan tipi aj mantengin TV7 nonton serie A, ditemenin segelas teh hangat sama biskuit sambil bercandaan sama Athar yang mulai ngantuk, jadi acara rutin minggu malem yang asyik banget. but now ? Trans7 dan TransTV udah menghilang dari udara Kota Madiun. Denger2 karena dapet teguran dari KPID Jatim, karena gak punya ijin siaran. kok bisa ya baru sekarang ? kenapa gak dari dulu..
aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa akhirnya ya mantengin PC aj, pencet keyboard kanan kiri seenaknya, sehingga hasilnyapun ..? agak bingung juga ngejelasinnya, kalau dibilang jelek gak mungkin dong masak mau jelekin diri sendiri? kalau dibilang bagus malah narsis kali.
emang bingung mau ngapain.....
menurut para Blogger enaknya ngapain ya ?? Baca Selengkapnya..

Jumat, Januari 09, 2009

PETA KOTA MADIUN



klik pada gambar untuk memperbesar

Baca Selengkapnya..

Rabu, Januari 07, 2009

Sejarah Singkat Kota Madiun

barusan, bongkar2 dan check file2 lama sehubungan adanya perombakan dan perubahan struktur organisasi di tempat kerja. akhirnya nambah deh kerjaan. pas asyik2nya copas file, nemuin file tentang Kota Madiun tercinta. muncul deh ide buat nampangin disini, sapa tahu bisa berguna bagi yg butuh info tentang Kota Madiun, nih :

SEJARAH SINGKAT KOTA MADIUN

BERDIRINYA PEMERINTAHAN KOTA MADIUN SEPERTI HALNYA PEMERINTAHAN KOTA LAINNYA DI INDONESIA, SELALU TIDAK TERLEPAS DARI SEJARAH BERDIRINYA PEMERINTAHAN KABUPATEN / KERAJAAN YANG ADA SEBELUMNYA DAN DAPAT DIPELAJARI DARI SISA-SISA PENINGGALAN SEJARAH, BAIK BERUPA BARANG, ADAT ISTIADAT MAUPUN LEMBAGA-LEMBAGA.
DI WILAYAH KOTA MADIUN TERDAPAT 2 (DUA) KELURAHAN YANG DAHULU KALA PADA MASA PEMERINTAHAN KESULTANAN MATARAM BERSTATUS SEBAGAI TANAH PERDIKAN YANG BEBAS MENGURUS RUMAH TANGGANYA SENDIRI, YAITU TANAH PERDIKAN TAMAN DAN KUNCEN.
JAUH SEBELUMNYA, PADA MASA AKHIR PEMERINTAHAN MAJAPAHIT DI WILAYAH MADIUN SELATAN TERDAPAT KERAJAAN / PEMERINTAHAN GEGELANG NGURAWAN YANG DIDIRIKAN OLEH PANGERAN ADIPATI GUGUR PUTRA BRAWIJAYA TERAKHIR.
SELANJUTNYA DENGAN PERTIMBANGAN GEOGRAFIS DAN EKONOMIS, PUSAT PEMERINTAHAN BERGESER KE UTARA DI PINGGIR BENGAWAN MADIUN, YANG DINAMAKAN KUTHO MIRING DI WILAYAH KELURAHAN DEMANGAN SEKARANG DAN KEMUDIAN PINDAH LAGI KE KOMPLEK RUMAH DINAS BUPATI MADIUN SEKARANG INI.
PADA MASA PEMERINTAHAN KUTHO MIRING TERSEBUT, DI WILAYAH KABUPATEN SAWO PONOROGO, TERDAPAT PEMBERONTAKAN KEPADA KERAJAAN MATARAM. AKHIRNYA BUPATI MADIUN YANG MERUPAKAN BUPATI MANCANEGARA TIMUR (DENGAN GELAR RONGGO) YANG WILAYAH KERJANYA MELIPUTI DAERAH SAWO PONOROGO, DIBERI TUGAS UNTUK MEMADAMKAN PEMBERONTAKAN TERSEBUT.
PADA MASA KEPEMIMPINAN RONGGO KE II YANG BERGELAR RONGGO PRAWIRODIRDJO INILAH, LAHIR PAHLAWAN NASIONAL PUTRA MADIUN YANG BERTUGAS SEBAGAI SENOPATI PERANG PANGERAN DIPONEGORO, YANG BERNAMA ALI BASHA SENTOT PRAWIRODIRJO.
SEBELUM MELETUS PERANG DIPONEGORO, MADIUN BELUM PERNAH DI JAMAH OLEH ORANG-ORANG BELANDA ATAU EROPA LAINNYA. NAMUN DENGAN BERAKHIRNYA PERANG DIPONEGORO, BELANDA MENJADI TAHU POTENSI DAERAH MADIUN. DAN TERHITUNG MULAI TANGGAL 1 JANUARI 1832, MADIUN SECARA RESMI DIKUASAI OLEH PEMERINTAH HINDIA BELANDA DAN DIBENTUKLAH SUATU TATANAN PEMERINTAHAN YANG BERSTATUS KARESIDENAN DENGAN IBU KOTA DI DESA KARTOHARJO (TEMPAT ISTANA PATIH KARTOHARJO) YANG BERDEKATAN DENGAN ISTANA KABUPATEN MADIUN DI DESA PANGONGANGAN.
SEJAK SAAT ITU MULAILAH BERDATANGAN BANGSA BELANDA DAN EROPA LAINNYA, YANG BERPROFESI DALAM BIDANG PERKEBUNAN DAN PERINDUSTRIAN, YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA BERBAGAI PERKEBUNAN, YAITU PERKEBUNAN TEBU DENGAN PABRIK GULANYA DI PAGOTAN, KANIGORO, REJO AGUNG DAN SEBAGAINYA, PERKEBUNAN TEH DI JAMUS DAN DUNGUS, PERKEBUNAN KOPI DI KANDANGAN, PERKEBUNAN TEMBAKAU DI PILANG KENCENG DAN LAIN-LAIN. MEREKA BERMUKIM DI DALAM KOTA DI SEKITAR ISTANA RESIDEN MADIUN.
SEMUA WARGA BELANDA DAN EROPA YANG BERMUKIM DI KOTA MADIUN, KARENA STATUS YANG MERASA LEBIH SUPERIOR DARI PADA PENDUDUK PRIBUMI, MEREKA TIDAK MAU DIPERINTAH OLEH PEMERINTAH KABUPATEN MADIUN. SELANJUTNYA UNTUK MELAKSANAKAN SEGREGASI (PEMISAHAN) SOCIAL, BERDASARKAN PERUNDANG-UNDANGAN INLANDSCHE GEMENTEE ORDONANTIE, OLEH DEPARTEMEN BINENLANDSCH BESTUUR, DIBENTUK STAADS GEMENTEE MADIUN ATAU KOTA PRAJA MADIUN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH HINDIA BELANDA PADA TANGGAL 20 JUNI 1918, DENGAN BERDASARKAN STAATSBLAAD TAHUN 1918 NOMOR 326.
PADA AWALNYA, WALIKOTA (BURGEMEESTER) DIRANGKAP OLEH ASISTEN RESIDEN MERANGKAP SEBAGAI VOOR SETTER, YANG PERTAMA YAITU Ir. W. M. INGENLIJF, YANG SELANJUTNYA DIGANTI OLEH DEMAAND HINGGA TAHUN 1927.
SETELAH TAHUN 1927 SAMPAI DENGAN SEKARANG, URUT-URUTAN WALIKOTA YANG PERNAH MEMIMPIN KOTA MADIUN ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

  1. Mr. K. A. SCHOTMAN
  2. BOERSTRA
  3. Mr. VAN DIJK
  4. Mr. ALI SASTRO AMIDJOJO
  5. DR. Mr. R. M. SOEBROTO
  6. Mr. R. SOESANTO TIRTOPRODJO
  7. SOEDIBJO
  8. R. POERBO SISWORO
  9. SOEPARDI
  10. R. MOCHAMAD
  11. R. M. SOEDIONO
  12. R. SINGGIH
  13. R. MOENTORO
  14. R. MOESTADJAB
  15. R. ROESLAN WONGSOKOESOEMO
  16. R. SOEPARDI
  17. SOEMADI
  18. JOEBAGJO
  19. PD. WALIKOTA R. ROEKITO, BA
  20. Drs. IMAM SOENARDJI ( 1968 S/D 1974 )
  21. ACHMAD DAWAKI, BA ( 1974 S/D 1979 )
  22. Drs. MARSOEDI ( 1979 S/D 1989 )
  23. Drs. MASDRA M. JASIN ( 1989 S/D 1994 )
  24. Drs. BAMBANG PAMOEDJO ( 1994 S/D 1999 )
  25. Drs. H. ACHMAD ALI ( 1999 S/D 2004 )
  26. KOKOK RAYA, SH, M.Hum ( 2004 S/D SEKARANG )
mohon maaf sodara2, hurufnya di kaploks semua, abis langsung copas gak sempat edit karena kerjaan nggak mau nunggu
mohon maaf sebesar-besarnya Baca Selengkapnya..

Minggu, Januari 04, 2009

Pro Vivum Beneficio

Pro Vivum Beneficio, yang saya jadikan sebagai judul blog saya, menurut mbah Wiki berasal dari bahasa latin : Pro Vivum = Bagi Kehidupan dan Beneficio = bermanfaat (bermanfaat bagi kehidupan).
yup memang saya mengharapkan postingan di blog ini bisa bermanfaat bagi kehidupan, minimal manfaat bagi saya : menyalurkan ide pemikiran, mendapatkan teman dan lebih2 bisa mendapatkan uang dari blog ini. maknyuss
dan syukur2 kalau blog ini bisa bermanfaat bagi orang lain. amiin

Meski saya akui, bahwa ide2 maupun pemikiran dari postingan di blog ini bukan 100% merupakan ide maupun pemikiran saya, karena sayapun sering juga membaca blog2 lain, surat kabar, nonton tv dll. jadi mau nggak mau, suka ataupun tidak, pemikiran saya sedikit/banyak pasti terpengaruh juga oleh sumber2 yg menjadi inspirasi saya.

Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada pihak2 yang telah menjadi inspirasi bagi saya, utamanya kepada mbahmul yg telah banyak membantu baik secara on/offline tentang masalah komputer dan perblogeran dan juga kepada mas fatih yg melalui blog tutorial menjadi sumber ilmu perblogeran bagi saya, serta sesama Bloger lainnya yg telah berkenan sharing ilmu di blognya masing2. (maaf kalau nggak kesebut, pastinya banyak banget suerr)
usaha kalian untuk berbagi nggak akan sia-sia, kawan. Karena dengan semangat berbagi ala bloger Indonesia akan membawa bangsa Indonesia lebih mudah menuju kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

terima kasih dan sayang kepada istriku tercinta dan satu2nya,Ria Dewi yang setia mendampingi dan menyediakan ransum saat saya lagi betah semalaman didepan komputer. I Love U.
serta untuk buah hati dan kebanggaanku, Azzuri Athar Wicaksono yg menjadi inspirasi dan penyemangat untuk menjadi lebih baik.

dan saya nggak mau dan gak bakalan ngucapkan terima kasih kepada : koruptor, penipu, pencuri (kalian telah merusak negeriku tercinta), pengendara yg ugal2an dijalan, suka ngambil jalur orang lain mentang2 bawa kendaraan besar (disini bukan jalan moyang kalian)............ kenapa nggak langsung ke laut aja.

...........................................
........ apapun semoga blog saya dapat bermanfaat bagi kehidupan yang lebih baik. Baca Selengkapnya..

Kamis, Januari 01, 2009

Free Download : Speed Up My PC 3

Editor's Review - SpeedUpMyPC




5
out of 5
Excellent



Features

Stability

Usability

Interface









SpeedUpMyPC is a 'Uniblue' system tool designed to optimize your PC in order to increase its performance and keep it stable and error safe.

Pluses:
Drawbacks / flaws: It only deletes temporary data from IE and Mozilla. Your computer will slow down dramatically during the optimization process.

In conclusion: This appears to be a very effective PC optimization tool and privacy guard.

System Requirements
256Mb / Intel P3 500 or Equivalent / 1024x768


klik untuk download

see on komentar 4 details
Baca Selengkapnya..