Kota Madiun

Jumat, Februari 27, 2009

Award pertama reifka

tak kusangka tak kuduga...... pagi-pagi buka blog, dah dapat hadiah dari bro che_3z
seperti ini nih :

seneng banget rasanya menerima award pertama, namun kenapa ya, kok harus ada syaratnya ? kok tidak dikasih cuma2 saja biar langsung bisa dimasukin dompet. setelah di klik syaratnya saya harus ngerjain PR yang begini




ya udah kalau memang harus begitu, langsung saja saya kerjakan

eng...ing....eng

asli gak di edit dan photo terbaru pas tanggal 25 peb 2009, HUT jagoan saya, liat aj sampe belum ganti seragam kerja.
thanks ya bro che_3z, keep on sharing.... cheers

Baca Selengkapnya..

Kamis, Februari 26, 2009

Harus Bagaimana, ya ?


Numpang curhat nih, friend ! Agar hati jadi lega dan pikiran jadi jernih sekaligus berbagi agar pengalaman ini tidak terjadi kepada rekan-rekan blogger.
Begini ...
Kemarin hari Rabu tanggal 25 - 02 - 2008, seharusnya menjadi hari yang menyenangkan bagi saya dan istri. pasalnya sang buah hati alias jagoan kami, Azzuri Athar W, tepat berumur 2 tahun. Namun seketika keadaan berubah, ketika kami menerima paket dari orangtua kami di Bandar Lampung. Paket berisi makanan yang seharusnya kami terima pada hari selasa karena dikirim pada hari Senin melalui Rosalia Express, namun kami baru ditelpon untuk mengambil paket di kantor Rosalia jl. AR. Saleh Madiun pada hari rabu pagi.
Rabu, siang sekitar pukul 10.00 setelah ijin ke atasan, saya ke kantor Rosalia untuk mengambil paket tersebut. Paket tersebut saya terima dalam kondisi baik, dan saya juga tidak curiga karena saya sudah lama memakai jasa Rosalia Indah.
Nah, petaka datang ketika istri saya membuka paket di rumah dan menelpon orangtua di bandar lampung, ternyata ?
Kondisi paket yg kami terima tidak sama alias berbeda dengan pada saat pengiriman, yaitu orangtua kami melalui telpon mengatakan bahwa paket untuk kami dimasukkan kardus dengan lakban warna coklat dibungkus dengan karung dan dijahit benang hijau dan di staples, namun yg kami terima keadaannya pada kardus di lakban bening dan ada bekas pernah dibuka, sedangkan jahitan pada karung sudah tidak ada dan hanya dilakban bening. yang saya sesalkan dari pihak Rosalia tidak memberitahukan bahwa paket kami telah dibuka.
dan yg lebih mengecewakan bagi kami ternyata surat yg juga disertakan di dalam paket = HILANG !
padahal isi surat tersebut sangat penting buat kami yang tinggal jauh dari orangtua.

langsung saja sore hari setelah pulang kerja, dengan sepeda motor dan menembus hujan deras kami menuju ke kantor rosalia indah-madiun, namun sesampainya disana Kantornya sudah tutup dan kami hanya bisa menemui penjaga restauran Surya Mas yg satu lokasi dengan kantor Rosalia Indah.
Yang bikin hati ini miris, adalah bahwa dari penjaga tersebut kami mengetahui bahwa sudah sering terjadi penerima paket yg marah2 karena ada barangnya yg hilang. Dan biasanya pada paket yg berisi makanan sering dibuka oleh "oknum" petugas Rosalia Indah, kalau ada barang lain selain makanan yg disebutkan di faktur, maka bisa dipastikan barang tersebut = "hilang" alias tidak sampai kepada yg berhak.
Yang pasti pagi ini kami akan ke kantor Rosalia lagi untuk menanyakan tentang paket kami yang sudah dibuka tanpa pemberitahuan.

demikian saja, semoga kami bisa mendapatkan masukan dari rekan-rekan blogger dan syukur kalau ada dari pihak manajemen Rosalia Indah yang membaca postingan saya dan memberikan tanggapan.
salam sukses buat semua.... dan jangan berbuat yang merugikan orang lain, terutama orang yang sudah memberikan kepercayaan pada kita.
Cheers
Baca Selengkapnya..

Sabtu, Februari 21, 2009

Printer Juga Berbahaya


Komputer dan printer saat ini merupakan sahabat dekat kita saat bekerja di kantor dikarenakan pasangan serasi tersebut sangat membantu urusan pekerjaan kita utamanya urusan membuat file dan mencetak dokumen, namun dibalik sifat mulianya, ternyata printer pun juga dapat membahayakan jantung orang yang sering berada di dekatnya. Mengapa ?

Printer laser dengan daya cetaknya yang cepat memang menjadi primadona di setiap kantor. Printer model tersebut dapat membuat waktu kerja menjadi semakin efisien.

Namun menurut ahli kesehatan Lidia Morawska dari Universitas di Queensland, Australia printer laser dapat membahayakan jantung. Dikutip dari News, Rabu (18/2/2009), setiap bekerja, printer laser mengeluarkan partikel-partikel yang berbahaya.

Partikel itu keluar saat tinta mulai tercetak di kertas. Partikel berbahaya itu menurut penelitian yang dilakukan Lidia hanya sebesar asap rokok serta asap yang keluar dari kendaraan bermotor.

Bahaya yang ditimbulkan pun hampir sama dengan asap tersebut. Partikel-partikel itu dapat masuk lewat saluran pernafasan dan kemudian menimbulkan iritasi. Iritasi itu akan memicu peredaran darah di jantung, dan mengakibatkan gangguan pada jantung.

Lidia kemudian memberi saran kepada para pengelola perkantoran untuk tidak menaruh printer di meja pekerjanya. Ada baiknya printer tersebut ditaruh jauh dari tempat pekerja duduk sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Ada baiknya juga kita mengikuti sarannya mbak Lidia ya?

sumber : detikhot atau klik disini
Baca Selengkapnya..

Hanya Gambar saja




Memenuhi permintaan rekan Bel, tentang gambar gunung krakatau yg meletus. maaf kalau pict nya tidak bisa banyak. Karena data-data di komputer saya, porak poranda setelah dihajar oleh virus yang tidak bertanggung jawab. hal ini pula yang membuat saya, harus offline sementara dari dunia blogger yang menyenangkan.
Untunglah sekarang sudah mulai bisa kembali online, walaupun masih terbatuk-batuk karena komputernya jadi "slow". Semoga bisa cepat normal kembali, dan bisa segera menyapa rekan-rekan sesama blogger .
cheers Baca Selengkapnya..

Minggu, Februari 15, 2009

KRAKATAU


Krakatau / Krakatoa (bahasa Inggris)

Tinggi : 813 m (2,667 kaki)
Letak : Selat Sunda, Indonesia
Koordinat : 6°6′27″LS,105°25′3″BT
Jenis : Kaldera vulkanik
Letusan terakhir : 2005

Krakatau adalah gunung berapi yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Gunung berapi ini pernah meletus pada tanggal 26 Agustus 1883. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat. Suara letusan Gunung Krakatau sampai terdengar di Alice Springs, Australia dan pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali dari bom atom yang meledak di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.
Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York. Ledakan Krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan Gunung Toba dan Gunung Tambora di Indonesia, Gunung Tanpo di Selandia Baru dan Gunung Katmal di Alaska. Namun gunung-gunung tersebut meletus jauh di masa populasi manusia masih sangat sedikit. Sementara ketika Gunung Krakatau meletus, populasi manusia sudah cukup padat, sains dan teknologi telah berkembang, telegraf sudah ditemukan, dan kabel bawah laut sudah dipasang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa saat itu teknologi informasi sedang tumbuh dan berkembang pesat. Tercatat bahwa letusan Gunung Krakatau adalah bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut. Kemajuan tersebut, sayangnya belum diimbangi dengan kemajuan di bidang geologi. Para ahli geologi saat itu bahkan belum mampu memberikan penjelasan mengenai letusan tersebut.


Perkembangan Gunung Krakatau
Gunung Krakatau Purba
Melihat kawasan Gunung Krakatau di Selat Sunda, para ahli memperkirakan bahwa pada masa purba terdapat gunung yang sangat besar di Selat Sunda yang akhirnya meletus dahsyat yang menyisakan sebuah kaldera (kawah besar) yang disebut Gunung Krakatau Purba, yang merupakan induk dari Gunung Krakatau yang meletus pada 1883. Gunung ini disusun dari bebatuan andesitik.

Catatan mengenai letusan Krakatau Purba yang diambil dari sebuah teks Jawa Kuno yang berjudul Pustaka Raja Parwa yang diperkirakan berasal dari tahun 416 Masehi. Isinya antara lain menyatakan:
Ada suara guntur yang menggelegar berasal dari Gunung Batuwara. Ada pula goncangan bumi yang menakutkan, kegelapan total, petir dan kilat. Kemudian datanglah badai angin dan hujan yang mengerikan dan seluruh badai menggelapkan seluruh dunia. Sebuah banjir besar datang dari Gunung Batuwara dan mengalir ke timur menuju Gunung Kamula.... Ketika air menenggelamkannya, pulau Jawa terpisah menjadi dua, menciptakan pulau Sumatera.
Pakar geologi B.G. Escher dan beberapa ahli lainnya berpendapat bahwa kejadian alam yang diceritakan berasal dari Gunung Krakatau Purba, yang dalam teks tersebut disebut Gunung Batuwara. Menurut buku Pustaka Raja Parwa tersebut, tinggi Krakatau Purba ini mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut, dan lingkaran pantainya mencapai 11 kilometer. Akibat ledakan yang hebat itu, tiga perempat tubuh Krakatau Purba hancur menyisakan kaldera (kawah besar) di Selat Sunda. Sisi-sisi atau tepi kawahnya dikenal sebagai Pulau Rakata, Pulau Panjang dan Pulau Sertung, dalam catatan lain disebut sebagai Pulau Rakata, Pulau Rakata Kecil dan Pulau Sertung. Letusan gunung ini disinyalir bertanggung- jawab atas terjadinya abad kegelapan di muka bumi. Penyakit sampar bubonic terjadi karena temperatur mendingin. Sampar ini secara signifikan mengurangi jumlah penduduk di muka bumi. Letusan ini juga dianggap turut andil atas berakhirnya masa kejayaan Persia purba, transmutasi Kerajaan Romawi ke Kerajaan Byzantium, berakhirnya peradaban Arabia Selatan, punahnya kota besar Maya, Tikal dan jatuhnya peradaban Nazca di Amerika Selatan yang penuh teka-teki. Ledakan Krakatau Purba diperkirakan berlangsung selama 10 hari dengan perkiraan kecepatan muntahan massa mencapai 1 juta ton per detik. Ledakan tersebut telah membentuk perisai atmosfer setebal 20-150 meter, menurunkan temperatur sebesar 5-10 derajat selama 10-20 tahun.

Munculnya Gunung Krakatau

Perkembangan Gunung Krakatau
Pulau Rakata, yang merupakan satu dari tiga pulau sisa Gunung Krakatau Purba kemudian tumbuh sesuai dengan dorongan vulkanik dari dalam perut bumi yang dikenal sebagai Gunung Rakata yang terbuat dari batuan basaltik. Kemudian, dua gunung api muncul dari tengah kawah,
bernama Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan yang kemudian menyatu dengan Gunung Rakata yang muncul terlebih dahulu. Persatuan ketiga gunung api inilah yang disebut Gunung Krakatau. Gunung Krakatau pernah meletus pada tahun 1680 menghasilkan lava andesitik asam. Lalu pada tahun 1880, Gunung Perbuwatan aktif mengeluarkan lava meskipun tidak meletus. Setelah masa itu, tidak ada lagi aktivitas vulkanis di Krakatau hingga 20 Mei 1883. Pada hari itu, setelah 200 tahun tertidur, terjadi ledakan kecil pada Gunung Krakatau. Itulah tanda-tanda awal bakal terjadinya letusan dahsyat di Selat Sunda. Ledakan kecil ini kemudian disusul dengan letusan-letusan kecil yang puncaknya terjadi pada 26-28 Agustus 1883.

Letusan Gunung Krakatau
Pada hari Senin, 27 Agustus 1883, tepat jam 10.20, meledaklah gunung itu. Menurut Simon Winchester, ahli geologi lulusan Universitas Oxford Inggris yang juga penulis National Geoghrapic mengatakan bahwa ledakan itu adalah yang paling besar, suara paling keras dan peristiwa vulkanik yang paling meluluh-lantakkan dalam sejarah manusia moderen. Suara letusannya terdengar sampai 4.600 km dari pusat letusan dan bahkan dapat didengar oleh 1/8 penduduk bumi saat itu. Menurut para peneliti di University of North Dakota, ledakan Krakatau bersama Tambora (1815) mencatatkan nilai Volcanic Explosivity Index (VEI) terbesar dalam sejarah modern. Sedangkan buku The Guiness Book of Records mencatat ledakan Krakatau sebagai ledakan yang paling hebat yang terekam dalam sejarah. Selain itu, ledakan Krakatau telah melemparkan batu-batu apung dan abu vulkanik dengan volume 18 kilometer kubik. Semburan debu vulkanisnya mencavai 80 km. Benda-benda keras yang berhamburan ke udara itu jatuh di dataran pulau Jawa dan Sumatera bahkan sampai ke Sri Lanka, India, Pakistan, Australia dan Selandia Baru.
Akibat letusan itu menghancurkan Gunung Danan, Gunung Perbuwatan serta sebagian Gunung
Rakata dimana setengah kerucutnya hilang, membuat cekungan selebar 7 km dan sedalam 250
meter. Gelombang laut naik setinggi 40 meter menghancurkan desa-desa dan apa saja yang
berada di pesisir pantai. Tsunami ini timbul bukan hanya karena letusan tetapi juga longsoran bawah laut. Tercatat jumlah korban yang tewas mencapai 36.417 orang berasal dari 295 kampung kawasan pantai mulai dari Merak (Serang) hingga Cilamaya di Karawang, pantai barat Banten hingga Tanjung Layar di Pulau Panaitan (Ujung Kulon serta Sumatera Bagian selatan. Di Ujungkulon, air bah masuk sampai 15 km ke arah barat. Keesokan harinya sampai beberapa hari kemudian, penduduk Jakarta dan Lampung pedalaman tidak lagi melihat matahari. Gelombang Tsunami yang ditimbulkan bahkan merambat hingga ke pantai Hawaii, pantai barat Amerika Tengah dan Semenanjung Arab yang jauhnya 7 ribu kilometer.

Anak Krakatau
Mulai pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau dari kawasan kaldera purba tersebut yang masih aktif dan tetap bertambah tingginya. Kecepatan pertumbuhan tingginya sekitar 20 inci per bulan. Setiap tahun ia menjadi lebih tinggi sekitar 20 kaki dan lebih lebar 40 kaki. Catatan lain menyebutkan penambahan tinggi sekitar 4 cm per tahun dan jika dihitung, maka dalam waktu 25 tahun penambahan tinggi anak Rakata mencapai 7.500 inci atau 500 kaki lebih tinggi dari 25 tahun sebelumnya. Penyebab tingginya gunung itu disebabkan oleh material yang keluar dari perut gunung baru itu. Saat ini ketinggian Anak Krakatau mencapai sekitar 230 meter di atas permukaan laut, sementara Gunung Krakatau sebelumnya memiliki tinggi 813 meter dari permukaan laut.
Menurut Simon Winchester, sekalipun apa yang terjadi dalam kehidupan Krakatau yang dulu sangat menakutkan, realita-realita geologi, seismik serta tektonik di Jawa dan Sumatera yang aneh akan memastikan bahwa apa yang dulu terjadi pada suatu ketika akan terjadi kembali. Tak
ada yang tahu pasti kapan Anak Krakatau akan meletus. Beberapa ahli geologi memprediksi letusan in bakal terjadi antara 2015-2083. Namun pengaruh dari gempa di dasar Samudera Hindia pada 26 Desember 2004 juga tidak bisa diabaikan. Menurut Profesor Ueda Nakayama salah seorang ahli gunung api berkebangsaan Jepang, Anak Krakatau masih relatif aman meski aktif dan sering ada letusan kecil, hanya ada saat-saat tertentu para turis dilarang mendekati kawasan ini karena bahaya lava pijar yang dimuntahkan gunung api ini. Para pakar lain menyatakan tidak ada teori yang masuk akal tentang Anak Krakatau yang akan kembali meletus. Kalaupun ada minimal 3 abad lagi atau sesudah 2325 M. Namun yang jelas, angka korban yang ditimbulkan lebih dahsyat dari letusan sebelumnya.

Sumber:
1. wikipedia.

2. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Lampung (http://visitlampung2009.com)
Baca Selengkapnya..

Rabu, Februari 11, 2009

Hati-hati Parkir Kendaraan

Untuk kategori Dunia Memang Aneh, saya tampilkan postingan yang saya ambil dari beberapa sumber, yang berisi kejadian-kejadian aneh, lucu, menarik dan lain-lain yang membuat kita menggelengkan kepala karena mungkin kejadian tersebut tidak seharusnya terjadi. Tetapi apa sih yang tidak mungkin di dunia ini?Apalagi bila Tuhan menghendaki pasti terjadi. Yang pasti, semoga dengan artikel ini, membuat kita lebih waspada dalam bertindak dan tidak mengalami hal-hal yang bisa merugikan diri kita maupun orang lain. Untuk postingan ini saya ambil dari Harian Radar Madiun edisi Rabu, 11 Pebruari 2009, silahkan di baca semoga bermanfaat


Disopiri Orgil, Truk Nyungsep
MADIUN - Ini peringatan bagi sopir yang tengah memarkir kendaraannya. Sulaiman, 36, warga Desa Bagi, Kecamatan Madiun harus merelakan truk gandeng bernopol AE 7005 BU yang bermuatan mie instan nyungsep ke parit di Jalan Raya Madiun - Surabaya. Truk yang diparkir itu nyungsep karena tiba-tiba dikemudikan orang gila.

Peristiwa itu terjadi pukul 08.00 WIB di depan rumah korban, kemarin (10/2). Saat itu, truk gandeng yang mengangkut mie instan dari Gresik, diparkir di depan rumahnya. Rencannya, muatan akan dibawa ke Magelang Jawa Tengah.

Setelah memarkir di lokasi yang dianggap aman, Sulaiman bergegas sarapan pagi dan beristirahat sejenak. Tanpa disadari kuncinya masih menancap di truk. Kondisi ini dimanfaatkan orang gila tak dikenal masuk ke truk dan mengemudikannya.

Karena tidak memiliki keahlian, injakan gas mengakibatkan truk yang bermuatan lebih dari 5 ton itu melaju tidak terkendali. Dan, akhirnya nyungsep di parit yang berjarak 200 meter dari tempat truk itu diparkir.

Akibat kejadian itu, sopir dadakan mengalami luka parah di bagian tangan dan kaki kanan. Polisi dibantu warga langsung membawa orgil tersebut ke RSUP dr Soedono Madiun. ''Peristiwanya tiba-tiba orang gila itu masuk ke dalam truk langsung menyopirinya,'' kata Sularso, salah seorang saksi.

Selain orgil luka, muatan juga tumpah akibat bak truk yang terguling. Peristiwa itu sempat mengakibatkan jalur Madiun - Surabaya macet beberapa saat. Mengingat, banyak pengemudi yang sedang melintas mampir untuk melihat kecelakaan itu.

Kasatlantas Polres Madiun AKP Purwadi mengatakan kecelakaan murni human error. ''Ini lah bila sopir ceroboh tidak mencabut kunci. Untuk itu, harus benar-benar diperhatikan saat memarkir kendaraan,'' jelas Purwadi. (dip/irw)
Baca Selengkapnya..

Senin, Februari 09, 2009

(Dilarang) Merokok

Dilarang Merokok ! Kalimat yang sering kita jumpai di tempat umum seperti : Rumah Sakit, Kantor Pemerintah, Bank, Supermarket, Bus Umum, Kereta Api , dll. Namun ironisnya di dekat peringatan tersebut, (biasanya) ada saja orang yang tidak peduli keadaan sekitar merokok dengan asyik. Tidak menghiraukan bahwa disebelahnya ada orang tidak merokok juga terkena efeknya. Bahkan tak jarang terjadi selisih paham, saat si perokok ditegur oleh orang yang tidak merokok.
Setelah MUI mengeluarkan fatwa haram merokok, tak ayal muncul pro kontra di masyarakat dalam menyikapi fatwa tersebut. Di satu sisi yang setuju dengan fatwa tersebut berdalih bahwa merokok lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya, namun yang kontra pun memiliki dalih yang juga masuk akal, masih banyak rakyat Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari rokok. Baik yang bekerja di industri rokok, penjual rokok sampai yang menjadi petani tembakau.
Untuk lebih mengerti apa dan bagaimana rokok itu, dibawah ini saya menampilkan artikel : "merokok yang sehat" saya copas dari suara pembaca detik.com

Merokok yang "Sehat"

Jakarta - Menurut prakiraan WHO jumlah kematian yang terkait dengan rokok saat ini mencapai 5,4 juta orang per tahun. Jika dibiarkan maka jumlah kematian dapat mencapai satu miliar pada akhir abad 21. 80%-nya merupakan penduduk negara berkembang. Tidak ada yang menyangkal kalau kebiasaan yang telah dimulai 4-5000 tahun lalu merupakan salah satu biang keladi yang menggrogoti kesehatan manusia. Secara nyata pula berimbas negatif pada ekonomi negara maju dan berkembang.

Jika dibuatkan daftar penyakit yang dapat ditimbulkan dari 4000 jenis zat, unsur, dan senyawa kimia yang ada dalam rokok dan asap rokok. Maka daftar itu akan merupakan yang terpanjang yang sulit dicarikan tandingannya.
Sebuah penelitian yang lebih dikenal dengan "British Doctors Study" selama kurun waktu 1951-2001, menyimpulkan kebiasaan merokok telah menyebabkan turunnya harapan hidup sampai 10 tahun.

Kesimpulan itu tentunya semakin menguatkan stigma perokok sebagai orang yang "awet muda". Artinya mereka memang tidak pernah menjadi tua karena umur mereka memang lebih pendek. Tak ajal. Semakin banyak negara yang membuat peraturan yang membatasi atau bahkan melarang. Seperti Bhutan yang memasukan aktivitas merokok sebagai perbuatan melanggar hukum.

Senyawa Berbahaya dan Beracun dalam Rokok
Adalah proses fermentasi tembakau (curing) sebelum dilinting menjadi rokok dan proses pembakaran saat merokok yang menjadikan rokok sarat dengan zat kimia berbahaya dan beracun. Proses curing yang banyak dilakukan dengan pemanasan.

Pemanasan baik melalui kontak langsung atau pun tidak langsung dengan api yang menyebabkan terjadinya proses reaksi kimia (oksidasi dan pirolisis) pada senyawa-senyawa kimia dalam tembakau. Proses curing yang ditujukan untuk memberikan ciri khas rasa serta kontrol kadar nikotin pada tembakau juga menghasilkan nitrosamines yang merupakan salah satu karsinogen utama (zat yang dapat menyebabkan kanker) dalam rokok.

Selanjutnya pada proses pembakaran saat rokok dinyalakan, selain nitrosamines dalam rokok yang terhisap, nitrosamines tambahan sebagai hasil reaksi oksidasi nikotin dan karsinogen lainnya sebagai produk reaksi pirolisis (penguraian suhu tinggi tanpa oksigen) pun ikut terhisap. Bersama nitrosamines terdapat deret panjang karsinogen lainnya yang ikut terhisap seperti logam berat (timbal (Pb), cadmium, mercury, arsenik), acrolein, formaldehyde, benzene, radioaktif (210Pb, 210Po), PAH (poly-aromatic hydrocarbons) dan lain-lain.

Polonium (Po) sendiri adalah unsur radioaktif yang sangat beracun. 250 ribu kali lebih beracun dari gas sianida dan hanya dibutuhkan satu gram untuk membunuh 10 juta manusia dalam tempo singkat. Po inilah yang merupakan salah satu dari 69 jenis karsinogen dalam asap rokok yang ikut "dinikmati" oleh perokok pasif, yang mungkin termasuk anak istri dari perokok sendiri.

Kebiasaan merokok dalam ruang ber-AC semakin memperburuk keadaan perokok
pasif. Terjadi pemekatan radioaktif serta zat-zat berbahaya dan beracun di atas.

Merokok yang "Sehat"
Bagi yang bukan perokok sangatlah gampang mengatakan tidak pada rokok. Tapi, bagi pencandu berat nikotin mereka mungkin akan memilih tidak makan sehari daripada tidak merokok sehari. Sementara itu efek asap rokok bagi perokok pasif pun bukan lagi suatu yang diperdebatkan seperti dua atau tiga dasawarsa silam.

Hasil studi epidemiologi sudah begitu kuat menunjukkan perokok pasif pun ikut menuai akibat dari aktivitas perokok di sekitar mereka. Namun, adakah pilihan yang lebih bijaksana sehingga bagi yang tidak makan nangka tidak perlu kebagian getahnya.

Walaupun setiap jenis rokok memberikan cita rasa tersendiri bagi pemakainya efek "nendang" dalam rokok bakar ditentukan oleh tinggi rendahnya kandungan nikotin yang juga merupakan senyawa utama yang bertanggung jawab pada proses kecanduan. Saat rokok dinyalakan dan dihisap hanya diperlukan 7 detik bagi nikotin untuk mencapai otak. Walaupun sebenarnya nikotin yang terhisap dan masuk dalam aliran darah hanyalah sebagian kecil dibandingkan dengan total kandungan nikotin dalam rokok.

Kadar yang kecil itu cukup untuk memaksa otak yang berkerja berdasarkan "reward system" untuk melepaskan neurotransmitter dopamine yang memberikan efek menyenangkan. Dan, mekanisme pelepasan dopamine yang dirangsang oleh nikotin tidaklah beda dengan narkoba lainnya seperti cocaine dan heroin. Dari hasil studi selama ini efek buruk nikotin sendiri bagi kesehatan memang lebih "lembut" dibandingkan senyawa dan unsur kimia dalam asap rokok hasil pembakaran yang masuk ke dalam paru.

Dan sampai saat ini IARC (International Agency for Research on Cancer) belum mengklasifikasi nikotin sebagai senyawa karsinogenik. Walaupun beberapa studi terakhir menunjukkan nikotin sebagai "pupuk" dalam pertumbuhan tumor kanker.

Smokeless Tobacco
Rokok tanpa asap (smokeless tobacco) seperti tembakau kunyah (chewing tobacco, dipping tobacco), snuff dan snus, melepaskan jauh lebih banyak nikotin ke dalam tubuh dibandingkan rokok bakar. Smokeless tobacco boleh jadi menjadi pilihan yang lebih bijaksana jika kecanduan nikotin tidak dapat dihentikan ataupun dikurangi.

Dengan beralih ke smokeless tobacco setidaknya collateral damage alias tebar racun kepada orang sekitarnya yang tidak merokok dapat dihindari. Di antara jenis smokeless tobacco terdapat dua pilihan yang cukup "baik".

Pilihan pertama tentunya adalah kembali pada kebiasaan "nyirih". Suatu budaya yang keberadaannya telah dirongrong oleh budaya rokok bakar ala barat. Dengan mengganti pinang (yang menurut IARC bersifat karsinogenik) dengan tembakau kering alami, campuran gambir, tembakau, dan kapur dalam bungkusan daun sirih tentukan akan memberikan efek "nendang" yang lebih
"sehat" dibandingkan dengan rokok bakar.

Pilihan kedua adalah snus (http://en.wikipedia.org/wiki/Snus). Dilihat sekilas snus adalah versi modern dari "nyirih". Campuran bubuk tembakau mentah (tanpa fermentasi), rempah-rempah, garam, sodium karbonat, dimasukkan dalam kantong-kantong kecil. Snus yang telah digunakan selama kurang lebih 200 tahun di Swedia dan dipercaya sebagai cara mendapatkan nikotin "paling sehat" di antara jenis smokeless tobacco.

Hal ini terbukti dari hasil studi yang menunjukkan jumlah kasus kanker paru pada kaum pria di Swedia adalah yang terkecil di antara negara-negara di benua Eropa. Berbeda dengan tembakau kunyah ala Amerika (http://en.wikipedia.org/wiki/Dipping_tobacco), proses curing tembakau dalam snus tidak melalui pembakaran dengan api melainkan dengan uap air panas yang akhirnya menghasilkan produk dengan kadar nitrosamines yang jauh lebih rendah.

Walaupun mungkin terkesan kurang "macho" karena tidak "ngebul", snus yang pemakaiannya dilakukan dengan menyelipkan kantong kecil berisi snus pada gusi bibir atas berhasil "dipopulerkan" oleh pemerintah Swedia. Keberhasilan snus menggeser tahta rokok bakar ini tak lepas dari kontrol ketat terhadap asap rokok pada fasilitas umum serta pemberlakukan cukai yang tinggi pada rokok bakar.

Belajar pada kasus Swedia Pemerintah Indonesia harusnya jangan ragu memberlakukan cukai tinggi pada rokok bakar. Jangan takut pula kehilangan cukai dari rokok bakar karena pemasukan cukai itu tak lebih dari menabung untuk membeli obat yang apabila dihitung dengan memasukan aspek turun kualitas sumber daya manusia Indonesia tabungan cukai rokok itu menjadi kurang. Atau bahkan tidak berarti sama sekali.

Kian Siong Ph D
645 Shimo Okubo, Saitama I house 3103
Sakura ku, Saitama Shi
siong@mail.saitama-u.ac.jp
+81-90-6042-1487

Penulis adalah peneliti di Saitama University Japan.


Baca Selengkapnya..

Jumat, Februari 06, 2009

Peraturan Futsal ( downloadable Pdf version)

Dalam postingan saya sebelumnya, saya pernah memuat peraturan Futsal yang singkat. berikut saya menampilkan Peraturan Futsal yang lebih lengkap, meskipun masih ada kekurangannya mohon dimaklumi ya, sekalian kalau ada yang mau nambahin saya persilahkan.

O ya, kali ini peraturan futsalnya saya upload dalam format Pdf, maaf, lagi sibuk kerja nih gak sempat ngetik.
bagi yang mau download silahkan di klik saja di Peraturan Futsal FIFA versi Pdf
bagi yang gak sempet download, nanti saya posting langsung pas ada waktu luang ya...
terima kasih bagi yang sudah mampir ke blog saya, sekalian mohon komentnya ya.....
cheers

Baca Selengkapnya..

Senin, Februari 02, 2009

Hari yang Cerah


Hari yg cerah ? Benar kah? secara di Kota Madiun turun hujan sejak Minggu malam, bahkan hingga pagi ini mendung masih setia menggantung di langit Kota Madiun. Tapi, memang benar! Hari ini merupakan hari yang cerah bagi saya. Alasannya :
karena hari ini merupakan hari pertama masuk kerja di Pebruari, alias waktunya terima gaji he..he... enaknya jadi abdi negara, kerjanya juga enak kok, cuma menjadi Abdi Negara alias PNS itu yang sulit karena harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang yang juga ingin jadi PNS.
Tetapi ya bukan itu saja. Kabar baik lainnya ya sehabis begadang semalaman untuk menyaksikan pertandingan sepakbola Serie A antara Lazio vs AC Milan, saya merasa tidak sia-sia karena akhirnya pertandingan dimenangkan oleh tim jagoan saya, AC Milan, melalui gol-gol yang dicetak oleh Pato pada menit 42, Ambrosini pada menit 48 setelah menyundul bola hasil tendangan bebas mas Beckham dan ditutup oleh gol Kaka, hasil kerjasama satu dua dengan Seedorf, pada menit 83. Milan pun menang telak 3-0, padahal pertandingan di gelar di kandang Lazio. Ditambah lagi : kekalahan Juventus dari Cagliari dengan skor 2-3, ini merupakan kejutan karena Juventus main di kandang. Sampai-sampai mas Alek aka Alessandro del Pierro bilang bahwa ini adalah pertandingan yang aneh. Bagaimana tidak aneh ? Memang aneh karena Juventus yang menguasai pertandingan dan lebih banyak melakukan shot on goal, kalah oleh Cagliari yang lebih banyak bertahan dan hanya melakukan 3 kali shot on goal. Lebih senang lagi karena Inter Milan juga gagal menang setelah ditahan imbang Torino dengan skor 1 - 1 sewaktu bermain di San Siro. Hasil-hasil ini tentu saja membuat peluang AC Milan meraih scudetto terbuka lebih lebar lagi, setelah sekarang berada di posisi 2 klasemen, terpaut 6 poin dari Inter Milan di posisi pertama dan unggul 1 poin dari Juventus di posisi 3. Memang akhir pekan ini waktu buat Milanisti bersenang-senang ya? Mudah-mudahan begitu terus sampai akhir musim. Buat rekan-rekan blogger yang merupakan pendukung Inter Milan dan Juventus tabah dan sabar dulu ya, mudah-mudahan di laga mendatang mendapat hasil yang "lebih baik".
Dan juga terima kasih buat Blogger yang telah berbagi ilmu melalui blognya, seperti : mas fandyQwu, hari ini aku copas translatenya mas. Buat mas Pupu yang telah mnyediakan lagu-lagu lawas untuk diunduh dan didengarkan secara gratis. terima kasih, mas! Jadi bisa dapat dan mendengarkan lagu-lagu favorit saya semasa SMA dulu.
dan spesial buatmbak hanniGues, gimana khabar anak2 didiknya, mbak ? tambah lucu dan pinter-pinter pastinya dan mas manto yang suka banget utak atik mobil, sukses ya mas. Sekalian saya mau ucapkan terima kasih mbak hanniGues dan mas manto telah mau mengikuti blog saya. (bangga dunk sebagai warga blogger baru, ada yg ngikutin blog saya).

Akhirnya memang hari yang cerah buat memulai pekerjaan ....
Semangat yo.... semangat !
Baca Selengkapnya..