Kota Madiun

Sabtu, Februari 21, 2009

Printer Juga Berbahaya


Komputer dan printer saat ini merupakan sahabat dekat kita saat bekerja di kantor dikarenakan pasangan serasi tersebut sangat membantu urusan pekerjaan kita utamanya urusan membuat file dan mencetak dokumen, namun dibalik sifat mulianya, ternyata printer pun juga dapat membahayakan jantung orang yang sering berada di dekatnya. Mengapa ?


Printer laser dengan daya cetaknya yang cepat memang menjadi primadona di setiap kantor. Printer model tersebut dapat membuat waktu kerja menjadi semakin efisien.

Namun menurut ahli kesehatan Lidia Morawska dari Universitas di Queensland, Australia printer laser dapat membahayakan jantung. Dikutip dari News, Rabu (18/2/2009), setiap bekerja, printer laser mengeluarkan partikel-partikel yang berbahaya.

Partikel itu keluar saat tinta mulai tercetak di kertas. Partikel berbahaya itu menurut penelitian yang dilakukan Lidia hanya sebesar asap rokok serta asap yang keluar dari kendaraan bermotor.

Bahaya yang ditimbulkan pun hampir sama dengan asap tersebut. Partikel-partikel itu dapat masuk lewat saluran pernafasan dan kemudian menimbulkan iritasi. Iritasi itu akan memicu peredaran darah di jantung, dan mengakibatkan gangguan pada jantung.

Lidia kemudian memberi saran kepada para pengelola perkantoran untuk tidak menaruh printer di meja pekerjanya. Ada baiknya printer tersebut ditaruh jauh dari tempat pekerja duduk sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Ada baiknya juga kita mengikuti sarannya mbak Lidia ya?

sumber : detikhot atau klik disini

2 komentar:

  1. Apalagi kalau nibani kepala...tambah berbahaya bos...

    BalasHapus
  2. waduh padahal kantor pake printer laser tuh. Baru tahu printer bisa berbahaya. Apa mesti ganti mesin tik yah? Hehe :D

    @mbahmul: yah kalo dah mampir di kepala lebih bahaya lagi tuh langsung bocor+modar+dower

    BalasHapus